Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    OlahragaThailand Kubur Impian Timnas U-23 di SEA Games 2021

    Thailand Kubur Impian Timnas U-23 di SEA Games 2021

    Nam Dinh (WartaTransparansi.com) – Impian timnas U-23 Indonesia untuk mengukir sejarah emas SEA Games setelah menunggu 31 tahun akhirnya digagalkan Thailand setelah di babak semifinal takluk 0-1 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore ini.

    Kekalahan ini membuat Garuda Muda kembali gagal mengulang kesuksesan pada 1991 di SEA Games Manila. Saat itu Indonesia menang 4-3 atas Thailand melalui adu penalti. Sejak pertama kali ikut serta di SEA Games pada 1977, Indonesia telah 23 kali menghadapi Thailand.

    Dari 23 pertemuan tersebut, Indonesia kerap tak berkutik. Indonesia tercatat hanya meraih enam kemenangan yang tiga di antaranya didapat lewat adu penalti. Sementara itu, Thailand sukses merengkuh 15 kemenangan, dan dua laga sisa berakhir imbang.

    Baca juga :  Tiba di Jakarta, Timnas U16 Dibanjiri Bonus

    Gol yang membawa mimpi buruk tim asuhan Shin Tae Yong terjadi pada babak perpanjangan waktu. Gawang Ernando Ari harus dibobol oleh Weerathep Pomphun menit ke-95. Pertandingan semakin berjalan panas pada babak kedua perpanjangan waktu. Wasit memberikan empat kartu merah tiga di antaranya buat pemain Indonesia Ricky Kambuaya, Firza Andika dan Rachmad Iritanto, serta satu pemain Thailand William Gabriel Weidersjoe. Selain itu, wasit asal UEA itu juga mengeluarkan belasn kartu kuning untuk kedua tim.

    Pertandingan ini juga disaksikan oleh Menpora Zainudi Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Sekjen Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh dan Haruna Sumitro. Beberapa suporter yang sengaja datang ke Hanoi juga terlihat, meskipun tidak seramai pendukung Thailand.

    Baca juga :  Persik Kediri Siap Bekerja Semaksimal Mungkin Melawan PSIS Semarang

    “Terima kasih anak-anak ku, kalian sudah bermain dengan sangat bagus. Sengit sekali jalannya pertandingan hari ini, namun final belum menjadi rezeki kita,” kata Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI kepada para pemain usai pertandingan.

    Pria asal Jakarta itu berharap Marc Klok dkk jangan bersedih atas kekalahan itu. Masih ada perebutan peringkat ketiga alias medali perunggu yang dimainkan timnas U-23 Indonesia. Perebutan perunggu akan digelar pada Minggu (22/5/2022).

    Ambilah pelajaran dari kekalahan hari ini dan tegakan kepala kalian. Masih ada peluang meraih medali bagi Indonesia,” pinta Iwan Bule –julukan Iriawan. (sr)

    Reporter :

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan