Sabtu, 13 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    OlahragaKalahkan Indonesia 3-0, India Juara Piala Thomas 2022

    Kalahkan Indonesia 3-0, India Juara Piala Thomas 2022

    BANGKOK (WartaTransparansi.com) – India secara mengejutkan jadi juara Piala Thomas 2022. Mereka menaklukkan Indonesia 3-0 di partai puncak. Keberhasilan ini pun jadi sejarah untuk India. Sebab, ini merupakan gelar juara Piala Thomas pertama India.

    Berlaga di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022), India tampil sangat apik. Bagaimana tidak, sejak pertandingan pertama, India telah merepotkan wakil-wakil Indonesia. Tentu saja, ini merupakan sejarah yang sangat manis. India mampu memutus dominasi Indonesia, China, dan Malaysia di Piala Thomas.

    Menariknya, keluarnya India sebagai juara Piala Thomas di edisi kali ini mirip dengan kisah Indonesia yang menyabet titel juara pada edisi 1958. Kala itu, tim Merah Putih sukses meraih trofi pertamanya usai bungkam Malaysia yang berstatus sebagai juara bertahan.

    Baca juga :  Beri Kado HUT RI Ke-77, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16

    Indonesia memutus dominasi Malaysia yang saat itu menjadi juara bertahan dalam tiga edisi Piala Thomas, tepatnya pada 1949, 1952, dan 1955. Kali ini, giliran India yang memupuskan mimpi Indonesia untuk mempertahankan gelar yang diraih pada edisi 2020.

    Kemenangan yang diraih India didapat dari dua pemain tunggal putra mereka, yakni Lakshya Sen dan Srikanth Kidambi. Kemudian dari sektor ganda, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty turut menyumbang poin.

    Kepastian itu didapat setelah Srikanth Kidambi mengalahkan Jonatan Christie pada partai ketiga. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting juga gagal merengkuh kemenangan. Anthony Ginting menyerah 21-8, 17-21, dan 16-21 dari Lakshya Sen pada pertandingan pertama.

    Kemudian di partai kedua, giliran Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang turun pada partai kedua final Piala Thomas 2022 gagal meraih kemenangan. Alhasil, tim bulutangkis Indonesia kian tertinggal 0-2 dari India.

    Baca juga :  Indonesia Tantang Vietnam di Final Piala AFF U16 2022

    Ahsan/Kevin takluk tiga gim 21-18, 21-23, dan 19-21 dari ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dalam pertarungan selama 1 jam 13 menit. Dengan demikian, India memastikan diri sebagai juara Piala Thomas 2022. (sr)

    Reporter : Samuel Ruung

    Penulis :

    Editor:

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan