Jumat, 21 Juni 2024
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurGresikGubernur Kawal Pengobatan Hewan Ternak yang Terinfeksi PMK di Gresik

    Gubernur Kawal Pengobatan Hewan Ternak yang Terinfeksi PMK di Gresik

    GRESIK (WartaTransparansi.com) – Gubernur  Jatim bergerak cepat dalam menangani kasus Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang terjadi di Jatim.

    Gubernur Khofifah langsung turun dan mengawal proses pengobatan intensif pada hewan ternak di Kabupaten Gresik, milik H. Bakri di Dusun Wates, Desa Kedungpring, Kec. Balongpanggang.

    Ditempat itu Khofifah mengenakan APD dan menyaksikan tahap demi tahap pengobatan hewan ternak yang di beri vitamin atau obat antibiotik melalui suntikan. Nantinya, suntikan dan vitamin akan diberikan sebanyak tiga hari sekali.

    Tanda tanda hewan berpenyakit PMK diantaranya demam tinggi (39-41 derajat celcius), keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, Luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, kaki pincang, Luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus.

    “Hari ini kami melakukan peninjauan langsung untuk pengobatan hewan ternak yang kita sama-sama lakukan dalam rangka penanganan PMK pada hewan ternak,” tegasnya.

    Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PMK sendiri telah ditemukan  di empat kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Penyakit menular ini telah menyerang sekitar 1.247 ekor ternak sapi di Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto.

    Disampaikan Gubernur Khofifah, PMK yang merebak saat ini merupakan penyakit hewan menular akut yang menyerang ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda dan babi dengan tingkat penularan mencapai 90-100%.

    “Namun, yang perlu kita ketahui bersama penyakit ini tidak menular ke manusia, melainkan menular ke sesama hewan saja,” jelasnya. (jon)

    Reporter : Soejono Muhammad

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan