Jumat, 29 Maret 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurLamonganPembangunan Kembali Jembatan Ngaglik Lamongan yang Ambles Ditarget H-10 Lebaran Selesai

    Pembangunan Kembali Jembatan Ngaglik Lamongan yang Ambles Ditarget H-10 Lebaran Selesai

    SURABAYA  (WartaTransparansi.com) –  Pembangunan kembali Jembatan Ngaglik Lamongan yang ambles pada Selasa tanggal 29 Maret lalu ditarget akan selesai H-10 Lebaran.

    Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur bersama pihak-pihak terkait dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, saat ini sedang melakukan penanganan

    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dikonfirmasi soal penanganan jembaan ang ambles mengatakan, percepatan perbaikan jembatan sangat vital dilakukan mengingat Jembatan Ngaglik berada di jalan poros nasional Lamongan.

    Jembatan tersebut merupakan bagian dari konektivitas Bromo-Tengger-Semeru (BTS) yang berlokasi di ruas Jalan Widang/Bedahan, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Tumenggungbaru, Tumenggungan, Lamongan.

    “Jadi amblesnya Jembatan Ngaglik ini bisa berpengaruh pada perputaran perekonomian masyarakat . Maka, ini prioritas Pemprov Jatim untuk segera memperbaiki jembatan ini, tegas Khofifah Gedung Negara Grahadi,  Rabu (30/3/2022) malam.

    Khofifah menjelaskan, jembatan dengan bentang 25,8 meter yang dibangun pada 1993 itu sudah mengalami pelebaran. Dan ketika jembatan ambles, area yang rusak berasal dari konstruksi lama sedangkan area penambahan baru masih utuh.

    Penyebab kerusakan adalah karena desain jembatan yang dibangun dahulu belum memperhitungkan beban kendaraan seperti sekarang ini. Sehingga ke depan, seluruh jembatan perlu dievaluasi untuk mengukur kekuatan jembatan.

    Ada dua unit exavator berada dilokasi. Tahap awal membongkar sekaligus membersihkan jembatan yang runtuh.Pengerjaan tersebut membutuhkan waktu 4 hari.

    Selanjutnya, balok jembatan yang putus akan diganti dengan balok girder yang akan sampai dalam kurun waktu 10 hari. Sementara untuk pemasangan balok, dibutuhkan waktu 4 hari.

    “Sesudahnya akan dipasang plat lantai jembatan yang butuh waktu 12 hari. Baru pengaspalan jembatan yang diperkirakan butuh waktu 1 hari saja. Insya Allah, H-10 lebaran atau sekitar 22 April 2022, Jembatan Ngaglik akan bisa beroperasi lagi,” ungkap Khofifah. (min)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan