Jumat, 21 Januari 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurGresikH. Imam Utomo Harapkan PMI Kota Batu Segera Bentuk PMR Disetiap Sekolah...

    H. Imam Utomo Harapkan PMI Kota Batu Segera Bentuk PMR Disetiap Sekolah Minimal 50 Siswa

    BATU (WartaTransparansi.com) – Ketua PMI Provinsi Jawa TImur H. Imam Utomo S, mengharapkan agar pengurus PMI Kota Batu yang baru di lantik membentuk Gugus Palang Merah Remaja (PMR) disetiap sekolah mulai SD, SMP dan SMA/SMK masing masing 50 orang. Ini supaya pembinaan bisa berkelanjutan.

    “Sesuai anjuran Gubernur Jawa Timur Bu Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Musprov. Lalu ditegaskan lagi pada penyerahan Satya Lancana pendonor 75 kali di Gedung Negara Grahadi Surabaya, belum lama ini. PMI Jawa Timur juga telah memulainya dengan mendidik para gurunya” tutur Imam Utomo saat melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Batu, secara virtual, Rabu (22/12/2021)

    Pengurus PMI Kota Batu masa bakti 2020-2025 dengan Ketua terpilih Ir. H. Punjul Santoso, MM yang telah menjabat dua periode.

    Ketua PMI Provinsi Jawa Timur H. Imam Utomo. S menekankan dua hal yang terpenting yaitu mengenai donor darah dan keterlibatan relawan PMI terhadap bencana alam.  Provinsi Jawa Timur telah membuat surat kepada PMI Pusat untuk menindak lanjuti kebutuhan darah di Kota Batu terutamanya dengan mendirikan Unit Donor Darah (UDD) PMI. Sedangkan bencana alam Imam Utomo sangat salut sekali terhadap relawan PMI Kota Batu dalam penanganan bencana banjir bandang pada tanggal 4 Nopember lalu, dengan kesigapan relawan PMI sebelum enam jam telah ada ditempat lokasi.
    Namun kita harus ingat dalam menanggulangi bencana alam kita jangan berjalan sendiri tetapi koordinasi dengan badan penanggulangan bencana setempat karena tugas PMI hanyalah membantu pemerintah dan sepenuhnya tugas pemerintah.

    Seperti kejadian bencana alam di Lumajang saat ini utamanya yang jembatan putus daerah Pronojiwo, yang merupakan perbatasan Malang dengan Lumajang. Dengan kesigapan PMI Malang langsung mendirikan tenda poskoI juga mengerahkan relawannya di lokasi bencana.

    Selain bencana PMI Kota Batu juga haruslah mendirikan gugus PMR sebanyak 50 orang yang ada di dalamnya. Jika itu dilakukan PMI Kota Batu bisa menjadi contoh dan juga bisa ditunjukkan pada Gubernur. Seperti yang telah dikatakan beliau kita harus mencetak PMR dengan mendirikan gugus tersebut. Dan PMI Provinsi melatih gurunya juga mendidiknya menjadi relawan yang baik, karena PMI berbeda dengan Pramuka. Oleh karena itu Ibu Walikota Dewanti Rumpoko bantuan Ibu dalam mewujudkan program kerja PMI Kota Batu ini yang telah disampaikan oleh Ketua terpilih,”tambahnya.

    “Kita terlambat pelantikan dikarenakan adanya pandemic, namun kita telah bekerja utamanya dimasa pandemic dengan pemulasaraan jenasah dan penanganan bencana banjir bandang yang terjadi pada 4 Nopember lalu. PMI Kota Batu berkolaborasi dengan pemerintah sesuai dengan UU no. 1 tahun 2018, ini menunjukkan sinergitas Pengurus PMI dengan pemerintah.

    Juga  Ketua PMI Ir. H. Punjul Santoso, MM menyampaikan bahwa Musyawarah PMI Kota Batu yang dilaksanakan pada hari ini, bahwa pemerintah Kota Batu memberikan sarana prasarana pinjam pakai markas PMI Kota Batu dan Ibu Walikota Batu memohon kebijakan Pengurus PMI Kota Batu terkait sarana prasarana kantor juga yang lainnya demi kebutuhan masyarakat supaya di permudah utamanya  adalah donor darah.

    Sedangkan untuk UDD PMI Kota Batu berkolaborasi dengan PMI Malang. Harapan saya pemerintah mendirikan bangunan UDD untuk PMI guna memenuhi kebutuhan darah masyarakat.

    Walikota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan,”pemerintah Kota Batu mendukung segala kegiatan yang dilakukan oleh PMI utamanya bencana semeru di Lumajang saat ini, saya sangat merasa kasihan terhadap relawan yang tidak pulang – pulang dan langsung saya katakan pada Pak Punjul supaya relawan yang telah lama disana supaya diganti dengan relawan yang baru.

    Juga terkait asset dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat itu kenapa harus berpikir lagi dan dipersulit. Oleh karena itu Pak Punjul segera ditindak lanjuti dan di dukung oleh dinas terkait”.  (min)

    Reporter : Amin Istighfarin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan