Sabtu, 22 Januari 2022
25 C
Surabaya
More
    OlahragaTimnas Indonesia Harus Manfaatkan Kelemahan Laos

    Timnas Indonesia Harus Manfaatkan Kelemahan Laos

    Singapura (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia wajib memanfaatkan kelemahan lini belakang Laos saat kedua tim bentrok pada fase Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore.

    Laos menyandang status sebagai satu di antara tim yang kerap jadi lumbung gol di kawasan Asia Tenggara. Itu dibuktikan di pertandingan perdana Piala AFF 2020, mereka digunduli Vietnam 2-0 dan Malaysia 4 gol tanpa balas.  Di pertandingan berikutnya, tim asuhan V. Selvaraj akan berhadapan dengan Indonesia. Laga melawan Timnas Indonesia sangat menentukan bagi Laos.  Dalam dua laga tersebut, Laos sebenarnya tampil tidak terlalu buruk. Tim yang identik dengan warna merah itu mampu memberikan perlawanan. Termasuk saat mereka menghadapi Malaysia.

    Baca juga :  Konsentrasi Pemain di Menit Krusial Jadi Catatan Pelatih Persik Kediri

    Lini depan mereka yang diperkuat pemain keturunan yang bermain di Ligue 2 Prancis, Billy Ketkeophompone juga layak mendapatkan perhatian lebih. Sosok yang menyebut dirinya sebagai Zlatan Ibrahiovic itu punya insting mencetak gol yang lumayan tajam.

    Karena itulah, tim asuhan Shin Tae-yong harus memanfaatkan kelemahan dan kelebihan lawannya untuk mendapatkan banyak gol. Laga ini juga akan jadi ajang adu taktik pelatih dari kedua tim. Laos punya sosok pelatih berusia 52 tahun asal Singapura, V. Selvaraj. Sementara Indonesia dengan bangga memiliki pelatih level dunia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

    Selvaraj tergolong belum lama menukangi Laos. Mantan pelatih klub Singapura, Warriors FC itu baru ditunjuk menjadi pelatih tim nasional senior Laos sejak Oktober lalu. Ia pun punya waktu kurang dari dua bulan untuk mempersiapkan timnya berlaga di ajang Piala AFF 2020.

    Baca juga :  Gubernur Khofifah Lepas Mario Suryo Aji Berlaga di Motot3GP Mandalika

    Di sisi lain, Shin Tae-yong sudah cukup lama menukangi Timnas Indonesia. Shin menukangi Tim Garuda sejak Januari 2020 lalu. Selain bertanggung jawab di level senior, Shin juga punya kuasa melatih di level kelompok umur. Jika dibandingkan dengan V. Selvaraj, Shin Tae-yong bisa dikatakan unggul segalanya jelang laga Piala AFF ini, baik dari kemampuan melatih maupun dari segi pengalaman.

    Selvaraj sejauh ini hanya berkiprah di Asia Tenggara saja. Laos bahkan tim nasional pertama yang pernah ia tukangi. Sementara Shin Tae-yong pernah beberapa kali tampil di ajang Piala Dunia baik di level kelompok umur maupun senior. Itu dilakukan Shin bersama tim nasional negaranya, Korea Selatan.

    Baca juga :  Hujan 6 Kartu Kuning Warnai Laga PSM vs Persik

    Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sendiri mengakui  anak asuhnya banyak melakukan kesalahan saat lawan Kamboja. Terutama di babak kedua. “Mungkin dikarenakan kami sudah unggul lebih besar dan para pemain seperti menganggap lawan itu mudah,” kata Shin Tae-yong. “Ini adalah kesalahan dari pemain kami,” tambahnya.

    Shin Tae-yong juga mengeluhkan para pemain yang gagal menerapkan taktik yang diinginkannya 100 persen. Ini jadi pekerjaan rumah sebelum menyongsong laga kedua melawan Laos. “Pemain kami terlambat ke belakang ketika kami kehilangan bola dan hal ini juga akan diperbaiki,” kata Shin Tae-yong. (sr)

     

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan