Senin, 24 Januari 2022
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriPuluhan Rumah Rusak dan Robohkan Pohon Akibat Puting Beliung

    Puluhan Rumah Rusak dan Robohkan Pohon Akibat Puting Beliung

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) -Akibat cuaca ekstrem berupa angin puting beliung disertai hujan deras, puluhan rumah alami kerusakan dan sejumlah pohon tumbang di Dusun Kuwik, Desa Prayungan, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri.

    Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri, Johans Maras Ponda, menjelaskan, Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu (8/12) dan situasi perkembangan terkini sudah kondusif berkat respon cepat dari warga setempat dan elemen masyarakat.

    Akibat terjadinya bencana alam yakni puting beliung tersebut sejumlah puluhan Rumah mengalami kerusakan dan 20 Pohon Tumbang di Kecamatan Kunjang.

    Pihaknya memberikan apresiasi besar kepada TNI dan warga setempat. Hal ini karena mereka telah bahu-membahu untuk membantu masyarakat yang terdampak dan melakukan pembersihan lokasi terhadap tempat yang terdampak pohon roboh.

    Baca juga :  Gubernur Ridwan Kamil Tawarkan Desain Ulang Taman Brantas Kota Kediri

    Puluhan Rumah Rusak dan Robohkan Pohon Akibat Puting Beliung

    “Kejadian angin puting beliung ini terjadi pada Rabu, 8 Desember 2021. Tepatnya ketika hujan deras di Dusun Kuwik, Desa Prayungan, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri,” tuturnya.

    Selain merusakkan rumah warga, dirinya mengatakan dampak dari angin puting beliung juga merusakkan kandang hewan ternak milik masyarakat. Ungkapnya. Kamis,(9/12/2021).

    Pria yang akrab disapa Johans, menambahkan, dalam peristiwa tersebut BPBD Kabupaten Kediri tidak mencatat adanya korban jiwa.

    Namun, sebagai bagian dari tugas BPBD, maka pihaknya mengunjungi lokasi untuk memantau dan menginventarisasi kerusakan yang timbul di tengah masyarakat, serta mendapatkan proses rehabilitasi khususnya rumah milik warga kedepannya.

    ” Untuk itu, Tim BPBD Kabupaten Kediri pada hari ini melakukan kunjungan ke lokasi terdampak,” ucapnya.

    Baca juga :  Tanggul Jebol, Bupati Kediri Instruksikan BPBD dan Dinas PU Sigap Perbaiki

    Berkenaan hal tersebut, dirinya menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kediri, agar terus mewaspadai kondisi cuaca yang mudah berubah sewaktu waktu sehingga bisa mengakibatkan bencana alam khususnya bencana angin puting beliung. Pungkasnya.(abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan