Sabtu, 22 Januari 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriSat Resnarkoba Polres Kediri Kota Bongkar Komplotan Pengedar Sabu-Sabu

    Sat Resnarkoba Polres Kediri Kota Bongkar Komplotan Pengedar Sabu-Sabu

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Diduga sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu, dua orang pria dan barang bukti berhasil diamankan Sat Resnarkoba Polres Kediri Kota.

    Dua orang tersebut berinisial SBW dan RR terpaksa tertunduk lesu saat digelandang petugas Satuan Resnarkoba Polres Kediri Kota.

    Upaya penangkapan tersebut, dilakukan secara terpisah oleh petugas setelah pada awalnya berhasil menangkap SBW, untuk kemudian dilakukan proses penyelidikan dengan hasil petugas bisa mengamankan seorang lagi yakni RR selaku pengedar dan pemilik barang haram yang dijual kepada pelaku SBW.

    Dari hasil penangkapan kedua pelaku tersebut, petugas berhasil mengamankan narkoba jenis sabu sabu secara total 0,93 gram.

    Kasi Humas Polres Kediri Kota Iptu Henry Mudi Yuwono, S.H. mengungkapkan, pada mulanya pihaknya dalam hal ini, Satresnarkoba Polres Kediri Kota telah berhasil mengamankan seseorang tersangka berinisial SBW di sebuah rumah kos di Kelurahan Setonopande, Kota Kediri pada hari Sabtu (4/12).

    Baca juga :  Tahun 2022, Pemkab Kediri Gelar 4 Festival Seni

    Diduga Rumah kos tersebut sering digunakan transaksi narkoba jenis sabu – sabu, dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 0,45 gram sabu sabu beserta klip plastik pembungkusnya.

    Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti 1 buah ponsel yang digunakan sebagai alat transaksi, seperangkat alat hisap dan satu lembar tissue.

    “Penangkapan tersangka ini berawal dari informasi jika di Kelurahan Setonopande digunakan untuk transaksi narkoba. Selanjutnya petugas dari Res Narkoba Polres Kediri Kota melakukan penyelidikan hingga informasi tersebut dan mengamankan tersangka SBW,” ungkapnya. Senin,(6/12/2021).

    Iptu Henry Mudi Yuwono, S.H. menambahkan, dari hasil pemeriksaan tersangka SBW, petugas juga telah mendapatkan informasi bahwa barang haram tersebut, ia peroleh dari hasil beli dari seseorang berinisial RR warga Kelurahan Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

    Baca juga :  Bentuk Mental Enterpreneur, Pemkab Kediri Beri Pelatihan Remaja Putus Sekolah

    Untuk kemudian, melakukan pengembangan dan melakukan penangkapan kepada RR pada saat berada yang bersangkutan berada dibahu jalan diwilayah Kelurahan Setonopande Kecamatan Kota Kediri.

    Dari penangkapan RR, Petugas berhasil menyita barang bukti narkoba berupa sabu-sabu seberat 0,48 gram beserta klip plastik pembungkus, sebuah HP yang digunakan untuk transaksi, dan uang tunai hasil penjualan sabu sabu sejumlah Rp. 50 rb, serta sebuah bekas bungkus rokok yang digunakan untuk pembungkus.

    Guna mempertanggung jawabkan perbuatanya, kedua pelaku beserta barang bukti, saat ini berada di Mapolres Kediri kota.

    “Saat ini kedua telah ditetapkan sebagai tersangka dan masih menjalani pemeriksaan penyidikan di Sat ResNarkoba Polres Kediri Kota,” tegasnya.

    Baca juga :  Adakah Keterlibatan Supplier Dalam Kasus Korupsi Bansos BPNT Kota Kediri ?

    Terakhir, Iptu Henry Mudi Yuwono, S.H. menyampaikan, atas perbuatan mereka dengan sengaja melanggar hukum, maka terancam pasal tindak pidana berkaitan tentang tanpa hak atau melawan hukum menerima, menjadi perantara dalam jual beli, memiliki, menyimpan atau menguasai Narkotika Gol I bukan tanaman jenis sabu- sabu.

    ” Kedua tersangka dijerat dengan pasal 112 dan pasal 114 Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika
    dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun serta denda paling sedikit sebesar Rp. 800.000.000 dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,” pungkasnya. (abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan