Jumat, 19 April 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanMahasiswa UAD Kenalkan Teknologi Didepan Siswa SDIT Salsabila Vl Magetan 

    Mahasiswa UAD Kenalkan Teknologi Didepan Siswa SDIT Salsabila Vl Magetan 

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makariem. Tujuan dari Kampus Merdeka ini ialah memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

    Salah satu program Kampus Merdeka adalah Kampus Mengajar, yang diikuti oleh Anisa Sukma Linarta, mahasiswa program studi Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Anisa dan tim di SDIT Salsabila 6 Magetan ini adalah mengenalkan teknologi kepada siswa-siswi atau adaptasi teknologi.

    Sasaran utamanya yaitu siswa-siswi kelas 6. “ini sesuai dengan kebijakan sekolah untuk mengirimkan wakil AKM SDIT Salsabila 6 Magetan,” ujar Anisa.

    Baca juga :  Ketua DPRD Silaturahmi Idul Fitri Ke Sejumlah Ulama Di Wilayah Magetan

    Tujuan dari pengenalan teknologi ini sendiri untuk memberikan bekal sebagai penunjang dalam mempersiapkan kegiatan Asesmen Nasional. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

    Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa.

    Penilaian atau evaluasi tersebur menggunakan instrument Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.
    Pengenalan teknologi ini belum pernah dilaksanakan secara langsung oleh SDIT Salsabila 6 Magetan.

    Oleh sebab itu, ini sesuatu yang baru bagi SDIT Salsabila 6 Magetan yang diaharpkan menambah pengetahuan dan keterampilan mereka.

    “Mungkin sebelum adanya kegiatan ini mereka hanya tahu kalau komputer itu biasanya untuk bermain game. Tetapi setelah diadakannya kegiatan ini, ternyata mereka banyak belajar hal baru, terutama tentang fitur-fitur yang ada di laptop, apa saja software-software yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran,” kata Anisa.

    Baca juga :  Masyarakat Harapkan Pemimpin Muda Dalam Pilkada Magetan Mendatang

    Pengenalan teknologi ini dilakukan selama dua pekan dengan durasi 1 jam. “Kami memberikan bimbingan tentang teknologi kepada mereka setelah jam pelajaran usai, sehingga tidak mengganggu selama kegiatan belajar dan mengajar berlangsung,” imbuhnya.

    Anisa berharap dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi siswa-siswi kelas V. “Apalagi kan sekarang kita memasuki era industri 5.0 dimana perkembangan teknologi berjalan sangat cepat. Jika tidak mengikuti perkembangan zaman, ditakutkan generasi muda Indonesia akan tertinggal dari negara lain. Dan semoga kegiatan ini terus berlanjut pada tahun berikutnya agar menambah wawasan siswa-siswi SDIT Salsabila 6 Magetan,” pungkas Anisa. (sal)

    Reporter : Faisal Kurniawan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan