Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurJombangM. Sarmuji : Hari Santri, Momentum Tepat Meneladani Semangat Juang KH. Hasyim...

    M. Sarmuji : Hari Santri, Momentum Tepat Meneladani Semangat Juang KH. Hasyim Asy’ari

    JOMBANG (WartaTransparansi.com) –  Peringatan Hari Santri 22 Oktober 2021,  Golkar Jawa Timur berziarah ke Makam Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari dan KH. Abdurrahman Wahid di Komplek Pesarean Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.

    Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji mengungkapkan bahwa hari santri merupakan momen yang sangat tepat untuk meneladani semangat juang KH. Hasyim Asyari.

    “Hadratuss syaikh bukan hanya sekadar pengasuh pondok pesantren tetapi beliau adalah penggerak sekaligus sumber inspirasi perjuangan masyarakat Indonesia dalam kemerdekaan Indonesia,” ungkap Sarmuji.

    Anggota DPR RI Dapil VI Jatim tersebut menilai bahwa Resolusi Jihad yang  dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 oleh KH. Hasyim Asyari mampu memompa semangat persatuan seluruh anak bangsa.

    “Waktu dikeluarkannya Resolusi Jihad yang saat ini kita kenal dengan momen hari santri mampu menumbuhkan persatuan dan kerjasama seluruh elemen anak bangsa sehingga terjadilah pertempuran di berbagai daerah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Sarmuji

    M. Sarmuji : Hari Santri, Momentum Tepat Meneladani Semangat Juang KH. Hasyim Asy'ari

    Setali tiga uang dengan Sang Kakek, KH. Abdurrahman Wahid juga memiliki medan perjuangan sendiri. Di saat politik identitas begitu gencar muncul di permukaan dan mengancam integrasi Indonesia, Gus Dur mampu mengelola perbedaan dan merangkul semua golongan masyarakat.

    “Gus Dur adalah salah satu anugerah yang dimiliki Indonesia, saat politik identitas menguat ke permukaan dan mengancam keutuhan NKRI, Gus Dur mampu mengelola perbedaan itu dan merekatkan kembali. Ia  dikenal sebagai seorang yang bisa diterima dan menerima semua golongan. Semangat itu juga mesti kita teladani agar persatuan Indonesia semakin kokoh.” tegas

    Bagi Sarmuji dua tokoh beda generasi beda zaman ini telah memberi warna besar bagi perjalanan sebuah bangsa yaitu Indonesia tercinta.

    Ikut mendampingi Ketua KAUJE Sarmuji, diantaranya Wakil Ketua bidang Kaderisasi & Keanggotaan Kodrat Sunyoto (Ketua FPG DPRD Jawa Timur), Wakil Ketua bidang Organisasi Heri Sugihono, Wakil Ketua bidang HukumHAM RB. Zainal Arifin, Plt Ketua DPD Golkar Jombang Pranaya Yudha Mahardika, Anggota FPG DPRD Kabupaten Jombang, Wasek Organisasi Syaifullah Ma’sum, Sumardi dan beberapa pengurus DPD Golkar Jawa Timur.

    Sehari sebelumnya, tepatnya Kamis (21/10/2021) malam, Golkar Jawa Timur juga menggelar “Golkar Jatim Bershalawat” di Gedung Golkar Jalan A. Yani Surabaya, dengan menghadirkan Habib Muhsin Alhamid, dengan iringan musik rebana. Lalu diakhiri dengan do’a oleh KH. Agoes Ali Masyhuri dari, Tulangan Sidarjo.

    Kegiatan tersebut untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan memperingati Hari Santri tahun 2021. (sr/min)

    Reporter : Samuel Ruung
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan