Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanPenuhi Kecukupan Air Petani Bidang SDA Dinas PUPR Magetan Bangun Sumur Pompa...

    Penuhi Kecukupan Air Petani Bidang SDA Dinas PUPR Magetan Bangun Sumur Pompa Dalam

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – Guna memenuhi ketersediaan air irigasi bagi petani Dinas PUPR bidang SDA membangun dua sumur pompa dalam di dua desa yaitu Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro dan Desa Duyung Kecamatan Takeran dengan nilai lebih dari 1 milyar yang sekarang sudah pada tahap pengerjaan.

    ” Saat ini kami membuat dua unit sumur pompa dalam baru guna mengatasi kekeringan di daerah rawan irigasi pada musim kemarau,” ujar Yuli Iswahyudi Kabid SDA Dinas PUPR kepada wartawan Rabu (13/10/2021).

    Menurutnya , sesuai pemetaan, dua sumur pompa dalam tersebut dipasang di daerah yang berpotensi terjadi krisis air atau minim irigasi untuk lahan pertanian pada musim kemarau. Pemasangan dua sumur pompa dalam tersebut telah mendasar pada analisis lapangan. Bahwa daerah-daerah tersebut memang membutuhkan sumur dalam, khususnya untuk pertanian.

    Baca juga :  Sujatno Gelar Reses Serap Aspirasi Masyarakat

    Kedalaman Sumur Pompa dalam ini nantinya sekitar 150 meter dan dengan kapasitas maksimal dapat mengairi sawah sekitar 35 – 40 hektar lahan pertanian.

    Setelah selesai pembuatannya nanti para petani bisa memperoleh manfaat peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi para petani, Selain itu keberadaan sumur pompa air dalam dapat menekan biaya operasional petani sampai 50 persen.

    Sementara beberapa petani yang kebetulan ada di sekitar lokasi pembuatan Sumur pompa dalam mengaku senang dan berharap ke depannya tidak ada rasa khawatir akan kekurangan air untuk irigasi sawahnya.

    “Kami sampaikan terima kasih pada dinas PUPR bidang SDA yang telah memenuhi kebutuhan petani seperti kami,” ujar beberapa petani saat dimintai pendapatnya. (rud/sal).

    Reporter : Faisal Kurniawan
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan