Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    OlahragaTim Basket Putri Jatim Raih Emas, Putra Perunggu

    Tim Basket Putri Jatim Raih Emas, Putra Perunggu

    MIMIKA (WartaTransparansi.com) – Tim bola basket putri Jatim berhasil menggondol medali emas pada PON XX/2021 Papua. Pada laga final di Mimika Sports Complex, Sabtu (9/10/2021),  anak buah Lena sukses mengandaskan perlawanan tim basket putri Bali dengan skor 57-37. Sementara tim putra harus puas dengan medali perunggu.

    Di awal pertandingan, tim basket putri Bali bermain agresif dan langsung unggul 10-3. Namun, Jatim perlahan tapi pasti mampu keluar dari tekanan yang dilakukan para pemain Bali untuk membalikkan keadaan. Jatim pun menutup kuarter pertama dengan keunggulan 16-15.

    Pada kuarter kedua, Jatim terus tancap gas dan menutupnya dengan skor 35-25. Jatim pun terus memimpin 40-30 hingga kuarter ketiga berakhir.

    Di awal kuarter keempat, perolehan poin sempat macet.

    Baca juga :  Lapangan Latihan dan Gizi Pemain Harus Diprioritaskan

    Akurasi tembakan para pemain Jatim sempat menurun, begitu juga defensive dan offensive rebound. Ini karena Bali bermain lebih solid saat bertahan. Beruntung, selisih poin terpaut jauh, sehingga sulit bagi Bali untuk mengejar ketertinggalan

    “Kami hari ini sudah siap tampil mati-matian di laga terakhir. Anak-anak bisa membuktikannya di lapangan,” kata Lena, pelatih basket putri Jatim.

    Lena mengaku senang karena bisa mewujudkan target medali emas di PON Kali ini. “Kalau soal lawan Bali ini kami tidak menyiapkan strategi khusus. Karena di final yang dibutuhkan hanya mental juara. Kalau menang mental, maka bisa memenangkan kejuaraan,” tutur Lena.

    Benar saja, para pemain Jatim tampaknya sangat siap menghadapi laga krusial ini, baik mental maupun fisik. Sehingga mereka bisa bermain spartan di sepanjang pertandingan.

    Baca juga :  Lapangan Latihan dan Gizi Pemain Harus Diprioritaskan

    Putra Amankan Perunggu

    Sementara basket putra Jatum sukses mengamankan medali perunggu setelah menag 63-55 atas Jawa Tengah, di Mimika Sports Complex, Sabtu (9/10/2021).

    Dalam laga perebutan medali perunggu, tidak terlihat ketegangan di wajah-wajah pemain Jatim. “Hari ini mereka bermain bagus dan tenang, sehingga semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Kalau ada sedikit kesalahan itu wajar, tapi intinya tidak merusak permainan,” kata Pelatih Kencana Wukir.

    Ia bersyukur karena masih bisa mempertahankan tradisi medali. Meski mereka gagal kembali ke final. Jatim pada PON 2016 di Jawa Barat, berhasil masuk final. Namun mereka kalah dari tuan rumah, sehingga hanya mendapatkan medali perak.

    “Kali ini, secara daftar pemain, kami memang di bawah tim Jatim di edisi sebelumnya. Memang kalau dulu bisa sampai final, sudah sewajarnya. Tetapi kalau sekarang, saya lebih menyoroti pada perjuangan para pemain. Selama di PON ini mereka sudah bermain luar biasa. Saya apresiasi perjuangan mereka,” tambahnya.

    Baca juga :  Lapangan Latihan dan Gizi Pemain Harus Diprioritaskan

    Jatim sendiri sempat tertinggal 16-15 di kuarter pertama. Kemudian di kuarter kedua, mereka bisa membalikkan keadaan jadi 38-36. Di kuarter ketiga, performa impresif Dio Tirta Saputra dan Ikram Fadhil memberikan Jatim keunggulan 10 poin (52-42). Dengan ketenangan mereka, di kuarter keempat Jatim bisa mempertahankan keunggulan.

    Dio Tirta Saputra mencetak 17 poin, termasuk 3 tripoin dari 8 percobaan. Ikram Fadhil menambahkan 14 poin. Kemudian ada James Patrick yang ikut menyumbang 11 poin untuk Jatim. **

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan