Selasa, 30 November 2021
25.6 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanDPRD Magetan Bahas 3 Faktor Utama Perubahan APBD tahun 2021

    DPRD Magetan Bahas 3 Faktor Utama Perubahan APBD tahun 2021

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – DPRD Kabupaten Magetan, saat ini sedang membahas 3 faktor perubahan APBD tahun 2021. Anggaran yang digunakan dalam menyusun perubahan APBD Tahun Anggaran 2020-2021 berorientasi pada anggaran berbasis kinerja atau prestasi kerja.

    Ketua DPRD Magetan H. Sujatno SE.,MM mengatakan pihaknya saat ini sedang membahas APBD Perubahan Tahun 2021 dan APBD Indeks Tahun 2022.Hal ini sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020, tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021.

    Pembahasan ini bertujuan agar penggunaan APBD Tahun Anggaran 2021 ini dapat benar benar memenuhi indikator sasaran yang diharapkan sesuai fungsi belanja,”Kedepanya akan dijadikan acuan dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban pemerintah daerah. Namun pada penyusunan perubahan APBD Tahun 2021 saat ini karena kondisi pandemi Covid-19, sehingga secara langsung maupun tidak langsung sangat berpengaruh terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

    Baca juga :  Mahasiswa UAD Kenalkan Teknologi Didepan Siswa SDIT Salsabila Vl Magetan 

    Karena sekarang masih dalam masa Pandemi covid-19, jadi dalam pembahasan kita dorong difokuskan kepada 3 hal yaitu, pertama penanganan kesehatan yang harus menjadi porsi utama dan perhatian utama dalam arah pembangunan baik APBD Tahun 2021 maupun APBD Tahun 2022, Yang kedua pemulihan ekonomi jadi bagaimana masyarakat sehat ekonominya pulih dan ekonominya bergerak sehingga kesejahteraan masyarakat ini bisa meningkat ini juga harus jadi perhatian kita semuanya.

    Kemudian berikutnya bahasan jaring pengaman sosial, harus kita perhatikan , kita harus bersinergi, masyarakat yang sudah menerima bantuan dari Anggaran APBN, baik dari Provinsi.Bagi yang belum mendapat harus menjadi atensi dan perhatian dari Pemerintah Daerah, sehingga tidak terjadi pemerataan yang belum mendapatkan, ini menjadi acuan dan perhatian kami di Pemerintah Kabupaten Magetan melalui APBD baik di perubahan tahun 2021 maupun di indeks tahun 2022.

    Baca juga :  Dinas Sosial Lakukan Edukasi Pada Keluarga Pasien ODGJ

    Pandemi berdampak terhadap semua sektor kehidupan , dan ini pasti berpengaruh terhadap tata pengelolaan keuangan daerah. Pemerintah Daerah perlu melakukan sinkronisasi dan perhitungan cermat sehingga mendapatkan APBD yang ideal.

    “Penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2021 harus disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan keuangan daerah,” pungkas Ketua DPRD. (*)

    Reporter : Rudy
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan