Selasa, 30 November 2021
25.6 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanHukumOTT KPK Bekuk 10 Orang di Probolinggo, Termasuk Bupati dan Suaminya

    OTT KPK Bekuk 10 Orang di Probolinggo, Termasuk Bupati dan Suaminya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cokok 10 orang dalam operasi tangkap tangan di Probolinggo, Jatim, Minggu (29/8/2021). Dua dari 10 orang yang sudah diamankan itu, adalah Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, yang juga seorang anggota DPR RI dari Fraksi NasDem.

    Plt Jubir KPK Ali Fikri tak membantah, dari 10 orang yang diamankan terdapat seorang kepala daerah dan sejumlah aparatur sipil negara (ASN).

    “Sejauh ini ada sekitar 10 orang yang diamankan di antaranya kepala daerah, beberapa ASN Pemkab Probolinggo dan pihak-pihak terkait lainnya,” kata Ali dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

    Usai ditangkap mereka langsung menjalani pemeriksaan intensif di lokasi penangkapan. Infonya, saat ini yang ter OTT sudah dibawa ke Polda Jatim untuk kemudian diterbangkan ke Jakarta dan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta.

    Masih menurut informasi, mereka yang diamankan akan diberangkatkan dari Polda Jatim menuju Jakarta, Senin siang ini. “Hingga saat ini tim KPK dan pihak yang diamankan masih berada di Jawa Timur,” kata Ali.

    KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. KPK berjanji akan menginformasikan lebih lanjut mengenai kronologis, pihak yang diamankan, dan barang bukti yang disita dari OTT tersebut.

    Berdasarkan informasi, selain Bupati dan suaminya, KPK juga mengamankan dua orang ajudan, lima camat, dan satu Pj Kades. Sumber yang sama menyebut para pihak itu dibekuk lantaran diduga terlibat dalam praktik suap terkait jual beli jabatan.

    Namun, Ali masih enggan membeberkan secara terperinci kronologi dan pihak-pihak yang dibekuk dalam OTT di Probolinggo tersebut. Ali juga belum dapat menyampaikan barang bukti yang disita tim Satgas.

    Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron juga membenarkan adanya operasi tangkap tangan (OTT) di Probolinggo. Terdapat sejumlah pihak yang diamankan dalam OTT ini lantaran diduga terlibat dalam praktik suap.

    “Sementara dapat saya sampaikan bahwa benar KPK telah melakukan giat penangkapan,” kata Ghufron saat dikonfirmasi.

    Namun, Ghufron belum dapat menyampaikan secara rinci pihak-pihak yang dibekuk dalam OTT tersebut. Ghufron juga belum dapat menyampaikan dugaan tindak pidana yang diduga dilakukan pihak-pihak tersebut hingga dibekuk tim Satgas, serta barang bukti yang diamankan.

    “Selanjutnya nanti akan kami rilis,” katanya.

    Sumber internal dari Polda Jatim membenarkan jika KPK tengah melakukan pemeriksaan di kantornya.

    “Benar (sedang diperiksa di Polda Jatim),” kata sumber yang enggan disebut namanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (30/8/2021).

    Sumber tersebut mengaku pihaknya hanya membantu KPK terkait pengamanan dan memberikan pengawalan saja.

    “Polda hanya mem-backup pengamanan dan pengawalan saja,” tukasnya. **

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : wetly
    Redaktur :
    Sumber : berbagai sumber

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan