Minggu, 17 Oktober 2021
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMenuju Pilpres 2024Pengamat Politik: Ketum Golkar Airlangga Punya Potensi Besar Capres 2024, Sarankan Probowo...

    Pengamat Politik: Ketum Golkar Airlangga Punya Potensi Besar Capres 2024, Sarankan Probowo Tidak Maju

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto belakangan hangat diperbincangkan masyarakat. Bukan lantara baliho yang mulai bertebaran di sudut sudut kota, namun Airlangga dianggap memiliki potensi besar sebagai Capres 2024 akan datang.

    Pengamat Politik SSC (Surabaya Servey Centre) Surokim Abdussalam mengatakan, sosok Airlangga Hartarto adalah sosok yang dalam beberapa hal sangat memenuhi dan punya kelebihan, kata Surokim kepada WartaTransparansi.com, Rabu (11/8/2021).

    Pilpres 2024 akan jadi kontestasi bebas dan seimbang jika kandidat lama tidak maju lagi. Sejauh ini memang popularitas Pak Prabowo (Gerindra) masih cukup bersaing jika dibanding kandidat yang lain. Namun secara pribadi saya berharap pak Prabowo Subianto tidak mencalonkan lagi demi regenerasi politik nasional.

    Jika pak Prabowo tidak mencalonkan lagi, maka kompetisi akan kian seru dan menarik. Para Ketua Umum Parpol lain akan bersaing kuat termasuk pak Airlangga .

    Sosok Airlangga Hartarto sebagai politisi, dinilai Surokim, dosen FISIP UTM (Universitas Trunojoyo Madura) sangat “adem”. Saya selama ini melihat Pak Airlangga punya jiwa kepemimpinan nirgaduh yang kuat saat dalam mengendalikan Partai Golkar yang dinamis. Disamping itu tipe kepemimpinan menjadi modal Pak Airlangga bisa jadi cocok untuk kepemimpinan nasional negeri ini.

    Ditambahkan bahwa pengalaman birokrasi yang panjang Pak Airlangga, saya pikir relatif lengkap. Namun presiden Indonesia  jelas hanya 1 dan itu akan ditentukan relasi kuasanya oleh gabungan partai partai sehingga kemampuan membangun komunikasi lintas partai menjadi hal yang menentukan.

    Surokim Abdussalam juga menyarankan Pak Airlangga harus bisa membangun komunikasi dengan partai partai besar yang lain untuk bisa dapat pasangan yang tepat dan pantas. “Ya saya pikir pak Airlangga termasuk tokoh potensial yang bisa running presiden di tahun 2024. (*)

    Airlangga Hartarto

    • Keunggulan
    1. Politisi adem bersahaja
    2. Pengalaman panjang di pemerintahan
    3. Partainya besar
    4. Jaringan politik kuat
    • Kekurangan
    1. Belum terlihat kuat di media publik
    2. Masih belum menonjol dalam mempublish prestasi progresifnya
    Reporter : Samuel Ruung
    Penulis :
    Editor : Amin Istighfarin
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan