Minggu, 17 Oktober 2021
26 C
Surabaya
More
    OpiniTajukKeputusan Bijaksana, Kompetisi Liga 1 dan 2 Bergulir Menghibur
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Keputusan Bijaksana, Kompetisi Liga 1 dan 2 Bergulir Menghibur

     

    Marwah Sepak Bola Terjaga di Mata Dunia

    Keputusan Pemerintah memutar Kompetisi Liga 1 dan 2 pada tanggal 20 Agustus 2021, merupakan kebijakan sangat arif dan bijaksana dalam menjaga marwah sepak bola di tanah air dan dunia.

    Mengapa? Sepak bola di tanah air sudah lama “mati” cukup panjang tanpa perhelatan apa pun, tanpa tendangan bebas barang sekali pun, apalagi tendangan penalti. Hal ini memerlukan kebangkitan dari lapangan hijau dengan semangat sejati, bukan sekedar mimpi.

    Sepak bola Indonesia di mata dunia, sudah mendapat putusan dari FIFA bahwa selaku tuan rumah Piala Dinia U-20 pada tahun 2023, dengan melakukan pembaharuan administrasi sesuai ketentuan.

    Tentu saja putusan FIFA itu bukan berarti berhenti dengan ketetapan menunda Piala Dunia U-20, tetapi tidak tertutup kemungkinan mengalihkan posisi tuan rumah Indonesia, jika sepak bola dibiarkan “mati tanpa kompetisi”.

    Oleh karena itu, memutar Kompetisi Liga 1 dan 2, merupakan kebijakan sangat strategis dan menjaga martabat bangsa dan negara memulihkan kembali kompetisi sepak bola di negeri ini. Hidup kembali dengan berbagai ketentuan sesuai protokol kesehatan (Prokes) standar Covid-19.

    Minggu (8/8/2021),
    Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melalui siaran pers menyebut, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 direncanakan akan bergulir kembali pada 20 Agutus mendatang.

    Menpora pun merasa yakin, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara mampu menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan Prokes
    yang ketat dan disiplin mengingat sesuai ketentuan Covid-19.

    Menpora Zainuddin Amali, menegaskan bahwa suksesnya turnamen pramusim Piala Menpora, menunjukan penyelenggara memiliki kemampuan untuk menggelar kegiatan walaupun dalam suasana extra ordinary atau luar biasa karena pandemi.

    Walaupun turnamen waktunya lebih pendek dan kompetisi agak panjang sedikit, namun kompetisi nantinya dilaksanakan dengan fleksibel dan protokolnya lebih ketat.

    Apalagi, dalam menyampaikan rencana Kompetisi Liga 1 dan 2 dengan sistem gelumbung
    PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT. LIB) siap menggelar dengan lebih ketat dari apa yang dilaksanakan ketika turnamen pramusim Piala Menpora yang lalu.

    Boaz Solossa, pemain nasional dan legendaris dari Papua yang kini memperkuat Borneo FC menyambut dengan suka cita.

    Bahkan Bochi —panggilan akrab Boaz Solossa— mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo bersama pihak terkait merestui Kompetisi Liga 1 dan 2.

    Kompetisi Liga 1 dan 2 adalah marwah bagi PSSI juga sepak bola Indonesia di mata dunia. Semua pihak wajib menjaga terselenggaranya kompetisi dengan menjalankan dengan taat dan tertib Prokes Covid-19, insyaAllah akan bergulir dan menghibur seluruh rakyat Indonesia, walau hanya menyaksikan dari pesawat televisi. Inilah kompetisi sepak bola pada masa pandemi.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan