Minggu, 1 Agustus 2021
31 C
Surabaya
More
    NasionalResmi, Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Hingga Akhir Juli

    Resmi, Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Hingga Akhir Juli

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Sejatinya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlaku mulai 3-20 Juli.

    Namun, keputusan tersebut berubah, menyusul adanya keputusan terbaru Presiden Joko Widodo memperpanjang waktu pelaksanaan PPKM Darurat hingga akhir Juli 2021.

    Keputusan PPKM Darurat diperpanjang ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko) PMK Muhadjir Effendy.

    Mengutip Antara, Muhadjir menyampaikan, PPKM Darurat diperpanjnag berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang digelar hari ini, Jumat 16 Juli 2021.

    “Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo (Jateng) sudah diputuskan Bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli PPKM ini,” kata Muhadjir saat mengunjungi Hotel University Club UGM Yogyakarta hari ini.

    Baca juga :  Limbah B3 Medis Covid Capai 18.460 Ton, Presiden Instruksi Dikelola Intensif dan Sistematis

    Disebutkan Muhadjir, Presiden Jokowi mengakui dengan adanya PPKM darurat yang diperpanjang memiliki risiko.

    Adapun risiko yang dimaksud adalah bagaimana menyeimbangkan antara mendisiplinkan warga terhada protokol kesehatan sesuai aturan PPKM Darurat dan penyaluran Bansos.

    Menurutnya, bansos tidak mungkin ditanggung pemerintah sendirian. Perlu ada gotong rotong bersama masyarakat dan sejumlah instansi lain dalam mengahadapi pandemi ini.

    “Bansos ini tidak mungkin ditanggung pemerintah sendiri sehingga gotong royong masyarakat, termasuk civitas academica UGM ini di bawah Pimpinan Pak Rektor membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat kebijakan PPKM ini,” lanjutnya.

    Disebutkan Muhadjir, PPKM Darurat atau PPKM Super Darurat tiak akan berhasil selama masyarakat tak mau disiplin protokol kesehatan.

    Oleh karena itu dia kembali mengingatkan masyarakat agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

    Baca juga :  Kondisi Sangat Sulit, Jokowi: Pengusaha Harus Tahan Banting

    “Jika tidak menyadari bahwa Porkes adalah menjadi yang utama, penanganan covid-19 ya tidak berhasil,” sebutnya. ***

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly
    Redaktur :
    Sumber : Antara

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan