Selasa, 3 Agustus 2021
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBangkalan184 KPM Bakal Terima Bantuan Jatim Puspa Berupa Barang untuk Usaha

    184 KPM Bakal Terima Bantuan Jatim Puspa Berupa Barang untuk Usaha

    Jatim Puspa merupakan bantuan barang usaha untuk membantu meningkatkan pendapatan KPM sebagai bentuk pemulihan akibat dampak wabah Covid-19.

    Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Mohammad Holil mengatakan, program ini sudah ada sejak tahun 2020 lalu. Bantuan yang diberikan berupa barang untuk kebutuhan usaha, jika dinominalkan menurut Holil, per-KPM mendapatkan Rp 2,5 juta.

    “Bangkalan menjadi salah satu dari 15 Kota atau Kabupaten yang diprioritaskan oleh Gubernur Jatim. Penerima wajib membuka dan merupakan perempuan yang bergerak menjadi pelaku usaha. Usaha apapun,” jelasnya, Jumat (16/07/2021).

    Penerima ini dikhususkan bagi KPM yang tergraduasi atau sudah tidak menerima bantuan PKH. Namun mereka masih terdampak adanya wabah Covid-19. Jadi, perempuan dari KPM tersebut yang terdampak atau eks graduasi PKH dan memiliki usaha.

    “Kami harapkan mereka ini mempunyai usaha. Jadi penerima kami prioritaskan bagi eks graduasi yang memiliki usaha. Jika memang tidak memiliki usaha, tetap kami berikan tetapi harus mengembangkan usaha. Itu salah satu pilihan terakhir kami, jika penerima tidak memiliki usaha,”  jelasnya.

    Kata dia, sasarannya berbeda dengan bantuan lainnya. Perempuan dalam KPM yang diberikan Jatim Puspa tidak harus memiliki suami atau janda. Hanya diwajibkan memiliki usaha, meski usahanya tersebut tidak jalan (Gulung Tikar, red) atau belum berkembang akibat wabah Covid-19.

    Penerimanya diakui dia memang tidak banyak. Sebab, kuota yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga tidak banyak. Pada tahun 2020 juga sampai 9 desa saja.

    Meski tidak bisa menyeluruh di semua desa, Holil menyampaikan, desa yang menerima bantuan itu bergantian. Jika tahun 2020 sudah menerima, maka tahun berikutnya tidak akan diajukan lagi.

    Dikutip dari laman Pemkab Bangkalan disebutkan, tahun 2021, 9 desa yang diberikan bantuan Jatim Puspa ada desa Batonaong dan Glagga, Kecamatan Arosbaya. Lalu Kecamatan Labang ada satu Desa Bunajih, Kecamatan Burneh ada Desa Burneh, Kecamatan Kwanyar ada Desa Tebul, Duwek Buter, Ketetang, Gunung Sereng dan Somor Kuning.

    “Kami hanya mengikuti kuota yang diberikan Jatim. Kami hanya mengusulkan dari desa mana saja, sebab kami sesuaikan dengan KPM desa mana yang tergraduasi. Kalau Jatim menyetujui, kami langsung koordinasikan ke Kepala Desa untuk mendata dan melakukan pengajuan kebutuhan usahanya,” tutupnya. (*)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan