Selasa, 21 September 2021
26 C
Surabaya
More
    OpiniTajukBelajar dari Gubernur Khofifah, Mari Ikhtiar Hadapi Covid-19
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Belajar dari Gubernur Khofifah, Mari Ikhtiar Hadapi Covid-19

     

    Menghadapi masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan varian baru B.1.176.2 delta dari India dengan percepatan penularan dan penyebaran lebih cepat. Juga dengan masa kritis ke wilayah sangat sensitif juga begitu cepat, maka mau tidak mau wajib melakukan usaha atau ikhtiar secara maksimal.

    Sekedar memberikan info bahwa Gubernur Pemerintah Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali menerima hasil test swab PCR positif terinfeksi Covid-19, menjelang menghadiri secara langsung acara serah terima jabatan (sertijab) Bupati Aditya Halindra Faridzky dan Wakil Bupati Riyadi di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Jumat (25/6/2021).

    Diketahui dari keterangan Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai yang juga menjadi koordinator pelaksanaan sertijab bupati dan walikota hasil Pilkada serentak tahun 2020 di Jatim, bahwa Gubernur Khofifah positif covid-19, setelah menerima hasil test swab PCR, Kamis malam (24/6/2021).

    Baca juga :  Hebat Bermartabat Kota Pahlawan Zona Kuning dan Level1

    Gubernur Khofifah melakukan swab PCR Kamis malam sebelum menghadiri sertijab Bupati Tuban. Dan hasilnya baru keluar Jumat pagi, dengan hasil terkonfirmasi positif covid-19. Sehingga sambutan sertijab
    disampaikan secara virtual dari tempat isolasi di Tuban.

    Sedangkan tanda tangan berita acara sertijab, Gubernur Khofifah menugaskan Kepala BPKAD (Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah) Bobby Sumiarsono untuk menandatangani.

    Peristiwa ini sebagai pelajaran berharga bahwa Gubernur Khofifah dengan begitu patuh menjaga protokol kesehatan (Prokes) juga selalu memakai masker serta melaksanakan 5M sesuai protokol prosedur tetap keprotokolan selama masa pandemi. Sudah terpapar positif Covid-19 dua kali.

    Diketahui, pada kali pertama terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan test rutin 1 Januari 2021 di kediaman, pada tanggal 2 Januari 2021 hasil test menyatakan positif. Kemudian dinyatakan sembuh pada tanggal 31 Januari 2021.

    Baca juga :  Tiga Fokus PMI Jatim Perkuat Kehidupan Normal Baru

    Pelajaran paling berharga bahwa setelah sembuh sebagai pemimpin perempuan pertama di Jawa Timur, Gubenrur Khofifah kembali melakukan aktifitas dengan Prokes. Bahkan selalu memberi semangat kepada siapa saja, termasuk pekerja migran Indonesia (PMI) ketika diisolasi.

    Sebagai pemimpin provinsi paling ujung timur di Pulau Jawa, mau tidak mau, suka tidak suka, Gubernur Khofifah tetap melakukan aktifitas dengan bebagai pembatasan dan mengurangi kerumunan.

    Tetapi terbukti, kembali terkonfirmasi positif Covid-19, dan mau tidak mau, suka tidak suka, harus menerima kenyataan kembali isolasi mandiri dengan berbagai penanganan dan pengendalian secara maksimal.

    Mengapa perlu belajar? Dalam situasi dan kondisi masih masa pandemi Covid-19, dengan Prokes sudah dijalankan, dengan 5M sudah dipatuhi, tetapi karena masih melakukan berbagai aktifitas, kekebalan tubuh juga (ternyata) terbatas pula.

    Baca juga :  Soekano, Megawati, Puan dalam Keajaiban dan Kalkulasi Politik

    Oleh karena itu, pesan paling mujarab bahwa selama masa pandemi dengan virus lama masih menyebar dan virus varian baru sudah menyerang, maka tinggal di rumah saja dengan Prokes jauh lebih baik. Menghindari kerumunan dan membatasi kegiatan merupakan sikap terpuji supaya tidak sampai terkonfirmasi positif.

    Mari dalam menghadapi berbagai varian virus Corona dan belum sadar melaksanakan budaya memakai masker. Sekarang hingga Covid-19 sudah tidak mengancam lagi, mari melaksanakan 5M dengan disiplin tinggi.

    Tidak ada pilihan, kecuali menjalankan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi kegiatan masyarakat). InsyaAllah ikhtiar ini akan menjadi jalan terbaik memutus mata rantai Covid-19.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan