Selasa, 3 Agustus 2021
30 C
Surabaya
More
    OlahragaGol Bunuh Diri Merih Demiral Jadi Sejarah di Pembukaan Euro 2020

    Gol Bunuh Diri Merih Demiral Jadi Sejarah di Pembukaan Euro 2020

    Roma (Wartatransparansi.com) – Turnamen Euro 2020 dimulai Sabtu (12/6/21) dini hari WIB. Turnamen akbar empat tahunan Benua Biru yang berlangsung di Roma diisi timnas Italia menghadapi Turki. Hasilnya, tuan rumah membungkam Turki tiga gol tanpa balas dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpico. Tiga gol kemenangan timnas Italia tercatat atas bunuh diri Merih Demiral menit ke-53, Ciro Immobile (64′) dan Lorenzo Insigne (79′).

    Laga ini menjadi sejarah untuk  kali pertama Euro dibuka dengan gol bunuh diri setelah bek Turki yang merumput di Juventus, Merih Demiral memasukkan bola ke gawang sendiri. Bermaksud melakukan blok terhadap bola silang kiriman Domenico Berardi dari sisi kanan, Demiral malah membelokkan arah bola menuju gawangnya sendiri.

    Baca juga :  Filosofi KONI Jatim di PON Papua, Sehat Lalu Prestasi!

    Kemenangan ini akan menjadi modal bagi Italia untuk mengamankan tempat di 16 besar dengan lolos dari Grup A yang juga dihuni oleh Wales dan Swiss. Dengan raihan tiga poin membuat Italia memuncaki klasemen Grup A turnamen yang harus mundur setahun akibat pandemi covid-19 tersebut.

    Sebaliknya, Turki yang diasuh Senol Gunes harus puas berada di dasar klasemen tanpa mengoleksi poin. Turki berada tepat di bawah Wales dan Swiss yang belum bermain. Kebobolan tiga gol pada laga pembuka tentu menyulitkan langkah Turki untuk lolos ke fase gugur Euro 2020.

    Sebab, salah satu ketentuan untuk lolos ke fase gugur Euro 2020 lewat jalur peringkat ketiga terbaik adalah penghitungan agresivitas maupun selisih gol. Dengan demikian, timnas Turki wajib memaksimalkan dua laga terakhir untuk membuka peluang lolos ke fase gugur lewat jalur juara ataupun runner-up grup

    Baca juga :  Filosofi KONI Jatim di PON Papua, Sehat Lalu Prestasi!

    Turki memang berangkat menuju laga pembukaan Euro 2020 dengan modal rapor defensif memukau. Skuad asuhan Senol Gunes hanya kemasukan tiga gol sepanjang babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Sebanyak tiga gol kebobolan tersebut semuanya bersumber dari skema bola mati.

    Catatan impresif itu pada akhirnya langsung ternoda di hadapan Italia. Menghitung sejak kualifikasi, Gli Azzurri menjadi tim pertama yang mampu bikin gol ke gawang Turki via skema permainan terbuka. (sr)

     

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : Wartatransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan