Senin, 21 Juni 2021
27 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanJangan Buat Resah dengan Penundaan Pendaftaran CASN

    Jangan Buat Resah dengan Penundaan Pendaftaran CASN

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Pendaftaran dan proses proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021, resmi ditunda. Belum ada kejelasan penundaan berlangsung sampai kapan.

    Mengomentari ketidakpastian itu, Anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, telah membuat rakyat resah.

    Ia meminta kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI dan Kemenpan RB segera memberikan klarifikasi terbuka kepada publik perihal penundaan jadwal pendaftaran seleksi CASN 2021 ini. Sebab, seleksi ASN menjadi sorotan sekaligus kebutuhan publik.

    “ASN masih menjadi pekerjaan bergengsi di masyarakat kita. Karenanya seleksinya dinantikan publik,” kata Rifqi mengutip rri.co.id, Senin (31/5/2021).

    Ditegaskan, penundaan tanpa penjelasan yang komprehensif dan terbuka akan menimbulkan banyak polemik.

    Baca juga :  Di Jatim, Ketua BPK Pusat Sebut Daerah Ini Berpredikat Tidak Wajar

    Rifqi menegaskan, polemik seputar seleksi CASN yang penuh permainan selalu hadir dari waktu ke waktu.

    “Tanpa komunikasi yang baik dan jelas kepada publik, banyak pihak akan bertanya-tanya kenapa jadwal seleksinya tak kunjung ada kepastian? Apakah ada permainan “oknum” tertentu terkait kuota dan formasi dan lain sebagainya?,” ujarnya.

    Karena itu, Rifqi berjanji akan melakukan koordinasi intensif dengan Kepala BKN RI dan Menpan RB untuk memitigasi pandangan minor ini.

    Terlebih menurut Rifqi, dalam minggu-minggu terakhir ini, isu soal ASN mendapat banyak kritik masyarakat, seperti soal alih status pegawai KPK menjadi ASN dan adanya 97.000 data ASN Fiktif yang bolanya terus menggelinding di masyarakat.

    Baca juga :  Adies Kadir Sentil Over Hunian dalam Lapas

    Sebelumnya, dalam suratnya kepada (1) Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan (2) Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak menyebutkan kapan pendaftaran dan seleksi CPNS (CASN) dan PPPK 2021 akan dilakukan.

    “Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru 2021 yang belum ditetapkan oleh Pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut.” Demikian keterangan yang disampaikan Kepala BKN dalam butir 8 surat penundaan jadwal pendaftaran dan prosesl seleksi CPNS dan PPPK yang didapat Ayojakarta. Surat tersebut dilansir akun Twiter BKN, @BKNgoid, pada Sabtu 29 Mei 2021. ***

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly Aljufri
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan