Senin, 21 Juni 2021
27 C
Surabaya
More
    TajukKurikulum Berbasis Digital Masa Depan Anak Bangsa

    Kurikulum Berbasis Digital Masa Depan Anak Bangsa

    Kurikulum Berbasis Digital Masa Depan Anak Bangsa

     

    Kabar menggembirakan bahwa ke depan kurikulum pendidikan  berbasis digital. Dengan demikian perkembangan dunia pendidikan modern ini akan gilang gemilang bag masa depan anak bangsa.

    Teknologi Digital ialah cara kerja komputer untuk menghitung bilangan yang bersifat diskrit dengan prinsip teknologi digital, yakni data digital diproses kemudian ditransmisikan secara efisien. Penyimpanan data melalui digital lebih efisien.

    Era teknologi digital pada prinsipnya melaksanakan prinsip new media, yaitu terdiri; Pertama terdiri dari angka (Numerical representation).Karena semua obyek media dirancang dengan menggunakan kode digital saat mereka dirancang menggunakan komputer, maka mereka sebenarnya dibentuk dan dimunculkan dari angka-angka. Dengan demikian obyek media digital dapat dimanipulasi melalui algoritma secara matematis.

    Kedua, berbentuk modul (Modularity).
    Pixel, gambar, teks, audio/suara, frame, kode adalah elemen independen yang saling terintegrasi membentuk sebuah media baru (new media).Elemen-elemen ini dapat secara mandiri dimodifikasi dan digunakan berulang-ulang pada media dan aplikasi lain.

    Ketiga, bersifat otomatis (Automation).
    Sifat otomatis mudah terlihat pada program-program komputer dimana pengguna komputer dapat membuat dan memodifikasi obyek media menggunakan template atau melalui algoritma.

    Ini dapat terjadi karena fungsi otomatis telah diterapkan dalam software. Dengan kata lain campur tangan manusia dapat digantikan dalam proses kreatif.

    Keempat, bentuk yang mempunyai variasi (Variability).
    Sebuah media baru (new media) bukanlah sesuatu yang bentuknya tetap tetapi sesuatu yang dapat muncul secara berbeda.

    Dengan kata lain media baru dapat muncul menyesuaikan dengan lingkungan dimana obyek media baru tersebut berada. Misalnya, format video bisa dibuat berbeda tergantung dimana akan ditampilkan.

    Kelima, kode digital yang dapat berubah (Transcoding).
    Sebuah obyek media baru dapat menyesuaikan diri/beradaptasi pada medium yang berbeda. Misalnya, gambar bisa diperbesar secara otomatis bergantung dari resolusi layar monitor pada alat/device yang berbeda.

    Sedangkan prinsip dari teknologi digital adalah ;
    Pertama, sedikit menggunakan bantuan tenaga manusia dalam mengoperasikannya.

    Kedua, teknologi digital memiliki sistem sendiri. Dan ketiga, menggunakan angka biner dalam bekerja, yaitu angka 1 dan 0.

    Keempat, ukuran dari perangkat yang menggunakan teknologi digital relatif lebih kecil daripada perangkat yang menggunakan teknologi analog.

    Demikian pembahasan mengenai teknologi digital, dengan perkembangan teknologi kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Penggunaan teknologi digital diklaim lebih murah biaya dan lebih mudah dalam penggunaannya.

    Selain itu teknologi digital juga hanya membutuhkan sediti tenaga manusia, sehingga tidak memerlukan karyawan yang banyak untuk mengoperasikannya.

    Sabtu (29/5/2021) sebagaimana diberitakan rri.co.id
    Koordinator Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbudristek Yogi Anggarena dengan
    Koordinator Literasi Digital Kominfo Rizki Ameliah mendukung proses transformasi digital, melalui kurikulum.

    Indonesia membutuhkan talenta digital sebanyak sekitar 9 juta orang selama 15 tahun atau 600.000 orang per tahun.

    Diketahui, kurikulum
    merupakan jantung dalam penyelenggaraan pendidikan. Saat ini, perubahan teknologi, sosial, dan lingkungan yang sedang terjadi secara global, sehingga kemampuan memecahkan masalah, kognitif, dan sosial akan menjadi semakin penting.

    Bahkan, pembelajaran dengan paradigma baru merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas.

    Sebagai bentuk dukungan percepatan transformasi digital, Kementerian Kominfo telah merumuskan roadmap literasi digital yang menjadi acuan dalam meningkatkan kemampuan literasi digital sesuai dengan karakteristik ataupun persona dari masyarakat Indonesia.

    Analis Kebijakan Ahli Madya Susanti Sufyadi memaparkan materi dengan judul pembelajaran berbasis proyek dan paradigma assesmen di jenjang sekolah dasar.

    Beberapa pakar mengatakan bahwa, baik buruknya hasil pendidikan ditentukan oleh kurikulum apakah mampu membangun kesadaran kritis terhadap peserta didik atau tidak. Perubahan paradigma baru dalam metode pembelajaran terutama di jenjang sekolah dasar menjadi salah satu solusi dan alternatif dalam dunia Pendidikan dan pembaharuan kurikulum.

    Pembahasan mengenai paradigma baru pembelajaran di era digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika Bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, riset dan teknologi menyelenggarakan webinar digital society dengan tema “Menyongsong Paradigma Baru Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Digital”.

    Penguatan kurikulum berbasis digital sangat menentukan arah dan pembangunan berbagai bidang, terutama pembangunan ekonomi bagi anak bangsa, juga memberikan modal dalam berbangsa dan bernegara dalam kemajemukan. Apalagi dikenalkan sejak pendidikan sekolah dasar dengan tetap menjaga dan mengayomi Pancasila.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan