Senin, 21 Juni 2021
25 C
Surabaya
More
    EkbisMenperin Agus Gumiwang : Produk SBE Untuk Mobil Dunia

    Menperin Agus Gumiwang : Produk SBE Untuk Mobil Dunia

    SURABAYA (WartaTrasparasi.com) – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau Pabrik CV. Sinar Baja Electric (SBE), di Jalan Margomulyo, Surabaya, Selasa (25/5). Kedatangan Menteri di pabrik elektric didampingi Wagub Emil  Elestiato Dardak.

    SBE merupakan produsen speaker terbesar di Indonesia dan bahkan internasional. Produk dan layanannya mencakup semua jenis driver speaker serta sistem speaker turn key yang didukung penuh oleh fasilitas dan kompetensi internal

    Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, banyak yang belum mengetahui bahwa pabrik SBE telah ekspor dan dipergunakan user kredibel. Bahkan mereka memiliki kriteria yang sangat tinggi.

    Dirinya mencontohkan, pada speaker untuk mobil Bentley, sebagai salah satu mobil termahal di dunia. Semua bagiannya berkualitas di atas rata-rata, termasuk speakernya dan itu produk SBE.

    Baca juga :  Antam Mengimpor Sesuai Prosedur, Standar LBMA Emas Ditandai Logo dan Nomor Seri

    “Ekspor ke negara lain sudah banyak dilakukan SBE. Penggunaan speaker yang ada di industri otomotif di Indonesia banyak disuplai perusahaan ini,” ujarnya

    Semetara itu Wagub Emil Elestiat Dardak mengapresiasi SBE sebagai pabrik speaker andalan Jatim. Pasalnya, selama 40 tahun berdiri, SBE memproduksi speaker produk elektronika yang menguasai pasar internasional.

    “Ini suatu kebanggaan bagi Provinsi Jatim sebagai pabrik asli Jatim yang sudah berusia 40 tahun. Pabrik ini mampu memproduksi speaker produk elektronika yang menguasai pasar internasional,” katanya.

    Dirinya menjelaskan, Pemprov Jatim pernah bekerja sama dengan SBE mendampingi ITS dalam menyempurnakan prototype ventilator emergency. Produknya disebut emergency ventilator ITS yang sekarang dikerjasamakan dengan Unair.

    Baca juga :  H Djunaedi Pengusaha Migas Dukung Munas Kadin di Kendari Sultra

    Bahkan saat ini, lanjut Emil, SBE mengembangkan satu prototype lagi yang diharapkan bisa dikerjasamakan untuk uji klinisnya.

    Terkait ketenagakerjaan, mantan Bupati Trenggalek itu menilai, di tengah pandemi Covid-19, SBE telah mempertahankan tenaga kerjanya. Sehingga, kondisi tersebut telah memunculkan harapan besar terhadap industri otomotif lokal menyerap produk speaker dari SBE.

    Apalagi saat ini, sebut Emil, kapasitas mereka baru 60 %. Sehingga, masih ada ruang untuk meningkatkan kapasitasnya.

    “Jika kapasitasnya ditingkatkan, harapannya akan lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja,” harapnya. (*)

    Reporter : Teguh Safrianto
    Penulis :
    Editor : Amin Istighfarin
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan