Kamis, 18 April 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriPolisi Distrakter Tas Misterius di DPRD Kota Kediri

    Polisi Distrakter Tas Misterius di DPRD Kota Kediri

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Tim Gegana Brimob Polda Jatim meledakkan sebuah tas hitam misterius. Tas diduga berisi bom itu, ditemukan di halaman Kantor DPRD Kota Kediri, Senin (12/4/2021).

    Cukup lama tas tersebut berada di halaman dewan, sebelum kemudian distracter anggota Tim Gegana Brimob Polda Jatim.

    Salah satu anggota tim yang mengenakan baju khusus, mendekat ke lokasi tas dan meletakkan alat deteksi bom. Sebelum distrakter, gedung dewan dan sekitarnya dikosongkan untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan. Beberapa saat kemudian, tas pun distrakter dari jauh.

    Peristiwa ini cukup menyita perhatian warga sekitar. Bahkan, arus lalu lintas di depan gedung dewan dihentikan, sebelum distrakter dilakukan.

    Baca juga :  Operasi Ketupat Berjalan aaman dan Lancar di Wilayah Hukum Polres Kediri

    distrakter tas misterius itu dilakukan dua kali, untuk memastikan bahwa isi tas benar-benar hancur.

    Hasilnya, Tim Gegana memastikan bahwa isi tas hanya batu bata merah, beterai ABC, dan sebuah jam tangan.

    Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo membenarkan, bahwa hasil analisa yang dilakukan dengan cara distrakter oleh Tim Gegana Polda Jatim, isi tas tersebut hanya batu bata merah, baterai, dan jam tangan.

    “Itu tadi bukan peledakan ya, tapi proses tadi dinamakan distrakter. Distrakter sendiri adalah sebuah proses penceraiberaian barang yang diduga bom. Tadi operator dari penjinak bom langkah pertama tadi menganalisa, apakah dalam tas tersebut ada unsur bahan peledak atau rangkaian bom atau tidak,” jelas Eko Prasetyo didampingi Kasatreskrim Iptu Girindra Wardhana.

    Baca juga :  Arus Balik Lebaran 2024, Sejumlah Stasiun Daop Madiun Masih Tinggi

    Menurutnya, operator melakukan distrakter sebanyak dua kali. Distrakter pertama hanya untuk membuka case. Kemudian distrakter kedua untuk menghancurkan isinya.

    Sementara Girindra Wardana menambahkan,  pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah tas misterius itu terkait aksi teror.

    “Kita masih mengumpulkan bukti-bukti dan tidak bisa memutuskan ini adalah aksi teror. Semua bisa terjadi. Kita masih lakukan proses penyelidikan,” katanya.

    Sebelumnya, pihak keamanan DPRD Kota Kediri dibuat geger dengan penemuan tas misterius yang ada di dekat pintu gerbang sebelah selatan pada pukul 05.30 WIB. Temuan itu langsung dilaporkan ke polisi. (wt)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan