Kamis, 23 September 2021
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetan22,23 Persen Jalan Di Kabupaten Magetan Rusak

    22,23 Persen Jalan Di Kabupaten Magetan Rusak

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Badan Pusat Statistik (BPS) Magetan mengeluarkan rilis tahunan Kabupaten Magetan Dalam Angka 2021.Hal ini merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan oleh BPS Kabupaten Magetan. Bertujuan untuk membantu menyusun rencana pembangunan Kabupaten Magetan.

    Dalam rilis Magetan Dalam Angka 2021 ini disampaikan semua sektor yang ada di Magetan dam dituangkan dalam angka dan grafik.Salah satunya adalah bidang Transportasi.

    Saat ini panjang jalan di Kabupaten Magetan pada tahun 2020 mncapai 684,92 km. Dari panjang jalan tersebut, 15,61 km merupakan jalan negara, 39,06 km merupakan jalan provinsi, dan 630,25 km merupakan jalan yang dikelola Pemkab Magetan.

    Dari 630,25 Km jalan Kabupaten Magetan 22,23 persennya mengalami kerusakan,1,176 persen rusak parah,29,5 persen kondisi sedang,dan kondisi jalan berkategori baik 54,06 persen atau sekitar 340,2 Km.

    Baca juga :  Kapolres Magetan Salurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung

    Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Magetan Didiek Budiman,ST mengakui ada beberapa jalan yang dkelola Pemkab Magetan mengalami kerusakan.”Ada. beberapa faktor sebab kerusakan jalan,”kata Didiek Budiman.

    Dijelaskan Kerusakan jalan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya air, perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material konstruksi perkerasan, kondisi tanah dasar yang tidak stabil, proses pemadatan di atas lapisan tanah dasar yang kurang baik dan tonase atau muatan kendaraan-kendaraan berat yang melebihi kapasitas.

    Lebih lanjut Kabid Bina Marga Dinas PUPR Magetan ini menjelaskan sejak tahun 2020 ada kendala dana untuk perbaikan infrastruktur jalan yang rusak. Anggaraan sebagian dialihkan untuk penanggulangan covid19.

    Sedangkan tahun 2021 Dinas PUPR untuk penanganan perbaikan jalan karena masih ada refocusing covid 19 hanya bisa dianggarkan sekitar 30 milyar.”

    Baca juga :  Bos Hotel Dan Rumah Makan Di Sarangan Ubah Haluan Jual Nasi Pecel

    Normalnya bisa 125 milyar per tahun,” ujar Didiek.

    Total Dana sebesar itu untuk barang Jasa antara lain biaya penunjang dan fisiknya.Semoga dengan keterbarasan dana bisa dimaksimalkan dalam perbaikan jalan sehingga bisa memperkecil persentase kerusakan jalam yang ada di Kabupaten Magetan .(rud)

    Reporter : Rudi/Faisal
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : K

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan