Rabu, 22 September 2021
33 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanLaka Lantas Di Magetan Turun 21,3 Persen sepanjang tahun 2020

    Laka Lantas Di Magetan Turun 21,3 Persen sepanjang tahun 2020

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) –Selama tahun 2020 angka kecelakaan Lalu Lintas di wilayah Magetan mengalami penurunan yang cukup signifikan bila dibanding tahun 2019.

    Release yang diterima WartaTransparansi dari Polres Magetan menyebutkan bahwa angka penurunan laka lantas mencapai 21,3 persen dibanding tahun lalu.

    Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana,S.IK dalam mengatakan Polres Magetanakan senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat baik tindak pidana maupun penyakit masyarakat serta senantiasa mengungkap tindak pidana yang terjadi.

    Sehingga akan tercipta situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Magetan.

    Sementara itu Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana,S.IK yang dikonfirmasi melalui Kasat Lantas AKP Jumianto Nugroho,SH MH mengatakan penurunan angka kecelakaan ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain peran aktif masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas. “Masyarakat mulai sadar pentingnya tertib berlalu lintas,” ujar AKP J. Nugroho.

    Baca juga :  Kapolres Magetan Salurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung

    Selain itu adanya edukasi kepada masyarakat melalui beberapa kegiatan baik itu boneka lalulintas , melalui komunitas- komunitas baik itu bikers motor mobil, pramuka dan komunitas muda di Magetan untuk ikut menggalakkan budaya tertib berlalulintas.

    Lebih lanjut AKP J.Nugroho mengatakan jika keberadaan polri di tengah tengah masyarakat khususnya anggota lalulintas di jalan di setiap kegiatan maupaun giat rutin setiap harinya, termasuk upaya-upaya rekayasa lantas dengan mendirikan pos pantau di titik black spot dan dijaga anggota lalulintas.

    Juga mendirikan papan- papan himbauan rambu himbauan di titik rawan macet rawan pelanggaran dan rawan laka.

    Dari rilis akhir tahun Polres Magetan diketahui data yang disampaikan angka laka lantas dari Januari – akhir Desember 2020 mencapai 615 kejadian laka atau turun 21,3 persen dibanding kejadian laka tahun 2019 sebanyak 782 kejadian.

    Baca juga :  Kapolres Magetan Salurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung

    Walaupun angka laka turun namun ada jumlah korban meninggal yang pada tahun 2019 ada 90 korban meninggal dunia dan pada tahun 2020 mencapai 104 korban meninggal dunia.

    Lokasi kejadian laka terbesar di wilayah pemukiman sebanyak 593 lokasi dan didominasi kendaraan jenis sepeda motor sebanyak 815 buah.

    Sementara itu penindakan pelanggaran (tilang) juga mengalami penurunan yang pada tahun 2019 sebanyak 10608 tilang turun menjadi 7779 tilang pada tahun 2020 atau mengalami penurunan sebesar 26,66 persen dengan selisih 2829 tindak pelanggaran. (rud/sal)

    Reporter : Rudi/Faisal
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan