Jumat, 29 Maret 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaKomisi lll DPR Setujui 4 Atlet Asing Menjadi WNI Untuk Penguatan Prestasi

    Komisi lll DPR Setujui 4 Atlet Asing Menjadi WNI Untuk Penguatan Prestasi

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Komisi III DPR RI menyetujui permohonan Pemerintah melalui Kemenpora atas pengajuan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI kepada empat atlet asing.

    Keempat nama tersebut masing masing (Basket) Brandon Van Dorn Jawato, Lester Prosper, Kimberly Pierre Louis, dan (Pesepakbola) Marc Anthony Klok untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir.

    Dengan menggunakan batik, empat atlet yang hadir dalam pertemuan secara vertula itu, tampak antusias. Komisi III DPR RI meminta mereka untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila. Proses tersebut dilakukan dengan lancar dan mendapatkan tepuk tangan.

    Pertemuan ketiga lembaga pemerintah diantaranya Menpora Zainudin Amali, MenkumHAM Yasonna Laoly dan Komisi lll DPR RI Adies Kadir, pada Senin (5/10/2020).

    Baca juga :  Timnas Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

    “Kami ucapkan terima kasih kepada Komisi III DPR RI terhadap proses naturalisasi ini. Kita harapkan ini bisa menjadi penguat untuk tim nasional yang akan bertanding di kancah internasional,” kata Menpora RI Zainudin Amali.

    Menpora RI menegaskan proses naturalisasi melihat dari sisi urgensi-nya. Kemudian, atlet yang nantinya sudah resmi menjadi WNI harus bisa memberikan dampak yang baik terhadap cabang olahraga.

    Kami sangat hati-hati betul untuk naturalisasi ini. Kita wajibkan pimpinan cabang olahraga untuk memonitoring perkembangan mereka, kita harapkan ini bisa berdampak baik terhadap tim nasional.

    Terus terang bahwa kondisi yang ada sekarang ini memang kita sangat membutuhkan tambahan tenaga untuk memperkuat tim. Berdasarkan penelusuran, kami anggap mereka layak untuk kita mohonkan kewarganegaraan supaya bisa perkuat Timnas Basket,” terang Menpora RI

    Baca juga :  Timnas Indonesia Permalukan Vietnam 3-0 di Kandangnya

    Disamping itu kami juga masukan kewarganegaraan untuk pemain sepak bola Marc Klok. Kebutuhan tim sepak bola juga dinilai sangat penting karena akan memasuki ajang kejuaraan yang menentukan peringkat, kata Menpora.

    Sementara itu Menkum HAM Yasonna H Laoly berharap, keempat atlet tersebut bisa membantu meningkatkan prestasi tim nasional. Sehingga, nama bangsa bisa harum di kancah internasional. “Terima kasih kepada Komisi III DPR RI, tentunya kita harap mereka (atlet) mau mengabdikan diri untuk Tanah Air.

    Kami harap melalui kehadiran mereka, bisa mengharumkan nama bangsa, baik di basket maupun di sepak bola Indonesia. Kami juga akan terus bekerja sama dengan Menpora RI dan mendorong cabang olahraga untuk terus meningkatkan prestasi,” ujar Menkum HAM. (din/sr)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan