Kamis, 28 Maret 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurTulungagungNurhadi, Anggota DPR RI  Kukuhkan Kampung Siaga di Tulungagung

    Nurhadi, Anggota DPR RI  Kukuhkan Kampung Siaga di Tulungagung

    TULUNGAGUNG (WartaTransparansi.com) – Sebagai meningkatkan kesiapsiagaan dalam menangani bencana. Anggota DPR RI Komisi VIII Nurhadi, S.Pd berkolaborasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos), mengukuhkan Kampung Siaga Bencana Desa Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

    Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi VIII Nurhadi, S.Pd beserta Staff,  Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Direktur PSKBA( Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam) Syafii Nasution, Kepala Dinas Provinsi Jatim,M Anas, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, Suyanto. Bertempat di Balaidesa Kalibatur Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Sabtu (19/9).

    Nurhadi, S.Pd Anggota DPR RI Komisi VIII menjelaskan, melalui program dari Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial korban bencana alam Kemensos RI, memfasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana  atau KSB di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.

    Tujuanya, sebagai upaya penanggulangan resiko bencana yang jika terjadi di wilayah Indonesia khususnya di Desa Kalibatur yang secara tata letak dimungkinkan daerah rawan bencana, seperti tsunami, tanah longsor. Tapi, kita tidak mengharapkan itu terjadi, namun untuk kewaspadaan akan terjadinya bencana yang sewaktu waktu bisa terjadi. Kita selengarakan pelatihan selama tiga hari mulai 19 sampai 21 September 2020, melalui Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung” ujar Nurhadi, Senin (21/9)

    Pria yang akrab disapa Pakdhe Hadi, juga mengutarakan, diharapkan program Kementrian Sosial merupakan usulan darinya sebagai Anggota DPR RI, agar masyarakat lebih bisa waspada dan memahami tentang menejemen resiko bencana serta tentang apa yang harus dilakukan.

    Selain itu, juga adanya sinkronisasi program pemerintah dengan masyarakat. Dalam hal ini, Kementrian Sosial RI dengan Kementrian atau lembaga terkait. Tentu, saya berharap semoga Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung tetap aman dan terhindar dari bahaya serta selalu dalam lindungan Allah SWT” pungkasnya

    Sekedar diketahui, di akhir acara Anggota DPR RI Komisi VIII Nurhadi, S.Pd, menyempatkan untuk memberikan pantun kepada Tamu Undangan dan masyarakat :

    Menyang pasar bungur numpak mobil Inova

    Lanjut berwisata ke swalayan Ramayana
    Desa kalibatur siap menjadi kampung siaga bencana
    InshaAllah bebas bencana bebas virus Corona

    Main balon di stadion rejoagung
    Membawa bantal jumlahnya satu keranjang
    Pak Safi’i Nasution krasan ditulungagung
    Kementrian sosial datang InshaAllah bencana hilang

    Saat lebaran banyak orang bikin ketupat
    lauknya bergedel jagung dan sayur dibumbu semur
    Kita doakan bapak bupati selalu sehat
    Memimpin Tulungagung tambah maju dan makmur. (bud)

    Reporter : Arya Budi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan