Senin, 12 April 2021
26 C
Surabaya
More
    Tak BerkategoriJokowi Tinjau Dua KRI di Selat Lampa Natuna

    Jokowi Tinjau Dua KRI di Selat Lampa Natuna

    NATUNA – Setelah bertemu dengan ratusan di Sentra Kelautan dan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Pelabuhan Selat Lampa Natuna, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, meninjau dua KRI, yaitu Usman Harun 359 dan KRI Karel Satsuit Tubun 356 di Pangkalan Angkatan Terpadu Selat Lampa, Rabu (8/1/2020).

    “Saya ke sini juga ingin memastikan penegakan hukum atas hak berdaulat kita, hak berdaulat negara kita atas kekayaan sumber daya alam laut kita di zona ekonomi eksklusif. Kenapa di sini hadir Bakamla dan Angkatan Laut? Untuk memastikan penegakan hukum yang ada di sini,” katanya usai meninjau kedua kapal tersebut.

    Sebagaimana diberitakan, beberapa waktu belakangan terdapat kapal asing yang memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) wilayah Indonesia,  bukan laut teritorial Indonesia. Di zona tersebut kapal internasional dapat melintas dengan bebas. “Yang ada (kapal asing) hanya masuk ke zona ekonomi eksklusif. Itu lewat semua kapal bisa,” ucap Presiden.

    Meski demikian, menegaskan, di zona tersebut Indonesia memiliki hak atas kekayaan alam di dalamnya dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya. Karena  itu, apabila terdapat kapal asing yang memanfaatkan kekayaan alam di dalamnya secara ilegal, maka Indonesia memiliki hak berdaulat untuk menangkap atau menghalau kapal asing tersebut.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan