Sabtu, 13 April 2024
27 C
Surabaya
More
    Renungan PagiMau Tahu Sifat Orang Beruntung dan Yang Merugi ?

    Mau Tahu Sifat Orang Beruntung dan Yang Merugi ?

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Barangsiapa yang merenungi Kitabullah dan banyak membacanya, maka dia akan mengetahui sifat-sifat orang yang beruntung dan sifat-sifat orang yang merugi secara rinci. Sebagaimana yang telah Allah Ta’ala jelaskan dalam ayat yang sangat banyak. Di antaranya adalah :

    ”Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi mereka ada pahala yang besar”
    (Al Israa’ : 9).

    Sudah merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim sesuai dengan kemampuan dan kesanggupannya, untuk bersungguh-sungguh dalam memberikan nasihat dan peringatan sampai gugur kewajibannya dan dapat memberikan petunjuk kepada orang lain. Allah Ta’ala berfirman,

    ”Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman”
    (Adz-Dzariyaat : 55).

    Sungguh, Allah Ta’ala telah mengabarkan tentang sifat orang-orang yang beruntung dan amal mereka yang terpuji di dalam kitabNya. Allah Ta’ala juga mengabarkan tentang sifat-sifat orang yang merugi dan akhlaknya yang tercela. Hal itu terdapat pada ayat yang sangat banyak di dalam Al Qur’an. Dan Allah Ta’ala telah mengumpulkannya dengan menyebutkannya di dalam surat Al ’Ashr,

    ”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih, saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya tetap di atas kesabaran”
    (QS. Al-’Ashr : 1-3).

    Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu memberikan rahmat dan hidayat kepada kita, serta mengijabbah do’a kita.
    Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan