Jumat, 19 April 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruan750 Calon Kades Se-Kabupaten Pasuruan Sepakat Siap Menang Siap Kalah

    750 Calon Kades Se-Kabupaten Pasuruan Sepakat Siap Menang Siap Kalah

    PASURUAN – Sebanyak 750 calon kepala desa (Kades) dari 240 desa se-Kabupaten Pasuruan sepakat untuk bersama-sama mensukseskan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2019.

    Secara lantang, seluruh calon kades tersebut berikrar, mengucap 5 janji “Siap Kalah Siap Menang” di hadapan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf; Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron; Ketua DPRD, Sudiono Fauzan dan Forpimda Kabupaten Pasuruan lainnya yang hadir dalam Apel dan Deklarasi Damai Pilkades Kabupaten Pasuruan, di GOR Sasana Krida Anoraga, Raci Bangil, Senin (11/11/2019).

    5 Ikrar tersebut, yakni:

    Pertama, siap menjamin pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan damai, tertib, aman serta saling menghormati.

    Kedua, menjunjung tinggi azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

    Baca juga :  Pasca Lebaran Sampah Di TPS Meluber, DLH Kerahkan Tim Reaksi Cepat

    Ketiga, melaksanakan norma-norma hukum yang menjadi dasar pelaksanaan Pilkades, serta Peraturan Perundang-Undangan lainnya.

    Keempat, siap mengendalikan para pendukung dan bersedia untuk diambil tindakan oleh pihak yang berwajib apabila mengganggu atau menghambat pelaksanaan Pilkades.

    Kelima, siap menerima siapapun yang terpilih menjadi Kades dan mendukung jalannya pemerintahan serta pembangunan desa.

    Dalam sambutannya, Bupati Irsyad menegaskan bahwa Pilkades merupakan rutinitas 6 tahunan yang seharusnya disikapi secara wajar, dengan tetap berpedoman pada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Sehingga tujuan utamanya dapat tercapai, yakni terpilihnya Kades yang diharapkan dapat menjadi figure yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi masyarakat.

    “Pilkades sama dengan pemilihan-pemilihan yang lainnya. Semuanya kita sikapi biasa saja. Kita sukseskan, kita jaga sama-sama, karena kita akan memilih Kdaes yang nantinya mampu mewujudkan tatanan kehidupan yang adil, makmur, sejahtera lahir dan batin,” tegasnya.

    Baca juga :  Jangan Munafik, Pusaka Desak Pemkab Keluarkan Izin Hiburan

    Lebih lanjut Irsyad menyampaikan bahwa sukses tidaknya Pilkades ditentukan oleh komitmen kuat semua pihak. Utamanya calon kepala desa yang terpilih maupun yang kalah dalam Pilkades serentak yang dilaksanakan 23 November mendatang. Oleh karenanya, Irsyad menghimbau setiap calon kades untuk tetap menjaga kondusifitas, berjiwa besar dan legowo dalam segala kemungkinan yang akan terjadi.

    “Menang dan kalah itu adalah Takdir Allah SWT. Kita sikapi dengan bijaksana. Kalaupun menang, berjanjilah untuk memajukan desa yang dipimpinnya. Begitu pula kalau kalah, mari kita dukung pemimpin dengan sekuat tenaga, demi pembangunan di desa kita sendiri,” ucapnya.

    Sementara itu, Kabagops Polres Pasuruan, Kompol Subadar menjelaskan, sebanyak 1404 personel POLRI dikerahkan untuk mengamankan seluruh wilayah yang melaksanakan Pilkades Serentak di 17 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Jumlah tersebut belum ditambah anggota TNI, Satpol PP hingga elemen masyarakat yang ikut mengamankan jalannya tahapan Pilkades serentak.

    Baca juga :  Pj. Bupati Pasuruan Halal Bihalal dengan Pengurus PCNU dan MUI

    “Kita siap mengerahkan seluruh pasukan demi mensukseskan Pilakdes serentak di wilayah Kabupaten Pasuruan. Tapi sekali lagi kami tegaskan bahwa peran serta masyarakat lah yang paling penting untuk sama-sama menjaga Pilkades dari awal sampai selesai,” jelasnya kepada Radio Suara Pasuruan, (hen)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan