Pantun Sahat Bikin Rapat Paripurna DPRD Jatim Ger-geran

117
  • Amin Istighfarin
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, memasuki ruang rapat Paripurna DPRD Jatim, Kamis (31/10/2019)

SURABAYA – Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, SH, memimpin rapat Paripurna DPRD Jatim dengan agenda penyampaian pendapat Badan Anggaran DPRD Jatim, Kamis (31/19/2019).

Hadir dalam rapat paripurna tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sekdaprov. Heru Tjahjono, kepala OPD dan kepala biro di sekretariat daerah Provinsi Jatim. Sementara itu dari 120 anggota dewan, yang hadir 78 orang.

Dalam rapat peripurna dewan yang terbuka untuk umum itu, menjadi tamu undangan adalah mahasiswa Unesa (Univ.Negeri Surabaya) dan mahasiswa Fakultas Komunikasi Univ. Katolik Widya Mandala Surabaya.

Pantun Sahat Bikin Rapat Paripurna DPRD Jatim Ger-geran
Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak,SH (tengah), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Anwar Sadat

Setelah rapat paripurna dibuka oleh pimpinan rapat Sahat Tua Simanjuntak, lalu diteruskan penyampaianpendapat Badan Anggaran yang disampaikan juru bicaranya Bambang Yuwono.

Pendapat Badan Anggaran itu disampaikan atas rancangan anggaran APBD Jatim tahun 2020 yang disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada tanggal 25 Oktober lalu

Bambang Yuwono menyampaikan bahwa penyusunan APBD dilakukan dengan prinsip-prinsip yang tidak bertentangan dengan kepentingan umum, dan telah disesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan daerah, memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan, transparan dan melibatkan aspirasi masyarakat.

Rancangan APBD Jatim tahun 2020 dianggarkan sebesar Rp 32.263 triliun, yang bersumber dari Pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan lain-lain. Rancangan APBD Ini juga sesuai peraturan nomor 33 tahun 2019.

Sementara belanja tetap sebesar Rp 33 triliun 749 miliar 193 juta. Belanja daerah ini dipergunakan untuk belanja tidak langsung sebesar 23 triliun 938 miliar 650 juta rp627.936 dan untuk belanja langsung sebesar 9 triliun 810 miliar 543 juta.

Pantun Sahat Bikin Rapat Paripurna DPRD Jatim Ger-geran

Gubrnur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, usai paripurna, Kamis (31/10/2019)

Dana itu dialokasikan melalui organisasi perangkat daerah, untuk mendanai pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Jawa Timur yakni urusan wajib, urusan administrasi pemerintahan dan fungsi penunjang pemerintahan.

Jika melihat postur RAPBD itu maka rancangan APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2020 diperkirakan defisit sebesar Rp1.484.954 juta lebih. Defisit itu akan ditutup silpa Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp1.519.407 juta rupiah lebih.

Rapat paripurna yang di pimpin wakil Ketua DPRD Sahat Tua Simanjuntak, berlangsung kurang dari satu jam. Sebelum menutup rapat, Sahat yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar menyampaikan pantunan untuk Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Nusantara berkait dengan katulistiwa…

Berbagai suku, agama, bahasa menjadi satu Indonesia…

Pendapat banggar sudah kita terima…

Mari bersama Gubernur Bu Khofifah kita wujudkan Jatim sejahtera…

Pantun spontanitas Sahat ini membuat anggota dewan dan undangan bertepuk tangan riuh dan tertawa sebagai pertanda setuju.  Sementara Gubernur Khofifah yang ada disebelahnya juga tertawa lepas. (min)