Kamis, 18 April 2024
31 C
Surabaya
More
    HeadlineKemenag Bantu Rp3,1 M untuk Korban Gempa di Ambon

    Kemenag Bantu Rp3,1 M untuk Korban Gempa di Ambon

    AMBON – Kementerian Agama menyalurkan bantuan gempa dan tanah longsor di Provinsi Maluku. Total ada 3,1miliar bantuan yang disalurkan, terdiri dari Rp1,1 miliar dana tali asih ASN Kemenag, serta Rp2miliar dana DIPA APBN Ditjen Bimas Kristen.

    Bantuan dana tali asih diserahkan Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan bersama Tim Tanggap Darurat Bencana Kemenag Syafirzal. Sedangkan bantuan bersumber dari DIPA diserahkan oleh Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury. Bantuan ini diberikan untuk ASN Kemenag dan rehab infrastrutktur pendidikan dan keagamaan yang terdampak gempa.

    Penyerahan bantuan belangsung di Gedung Balai Diklat Keagamaan (BDK) Waiheru, Kota Ambon, Jumat (4/10/2019). Tampak hadir, Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad, Rektor IAKN Ambon Agustina Ch.Kakiay, Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisuta, Forkominda Provinsi Maluku dan ASN Kemenag Provinsi Maluku.

    Sekjen Kemenag M Nur Kholis Sertiawan dalam penyarahan bantuan yang dibalut dengan silaturahim dengan keluarga besar ASN Kemenag Maluku mengatakan, bantuan yang berasal dari ASN Kemenag se Indonesia ini merupakan bentuk ikatan batin, kebersamaan dan kekeluargaan dari keluarga besar Kemenag.

    “Makna dari bantuan ini bukan semata-mata pada angka besar atau pun kecil. Semuanya ini memiliki makna lebih sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan dari keluara besar Kementerian Agama,” kata Nur Kholis mengutip rilis.

    “Yakinlah kita semua memiliki empati dan yakinlah kita semua mendoakan saudara-saudara kita di Ambon dan sekitarnya agar diberi kesabaran dan ketabahan,” sambungnya.

    Nur Kholis berharap dengan kebersamaan dari segenap keluarga besar Kementerian Agama itu akan muncul kekuatan baru dan energi positif bagi ASN Kemenag Maluku dalam mengabdikan diri dan menjalankan tugas sebagai ASN Kemenag dengan sebaik-baiknya.

    “Yakinlah, biasanya orang yang diuji itu akan dinaikkan derajatnya oleh Tuhan. Orang yang tidak pernah diuji dia tidak akan pernah mengetahui levelnya. Saya menyampaikan salam dari ASN seluruh Indonesia melalui bantuan yang kita salurkan hari ini sebagai bentuk ikatan batin dan persaudaraan,” ujarnya.

    Berbeda dengan dana tali asih yang sudah ditentukan peruntukannya, bantuan sebesar Rp 2 Miliar yang bersumber dari DIPA Ditjen Bimas Kristen diserahkan pengelolaannya kepada Kanwil Kemenag Maluku.

    “Bantuan ini berasal dari DIPA Ditjen Bimas Kristen. Kami berikan ke Kanwil Kemenag Maluku untuk mengelalola lebih lanjut,” kata Thomas Pentury.

    Menurutnya, selain kerusakan bangunan rumah, tempat ibadah, gedung pendidikan dan lainnya, gempa juga berdampak pada psikologis masyarakat Maluku.

    “Saya kita dampak gempa bagi masyarakat yang merubuhkan banyak gedung, jauh lebih punya efek pada psikologis. Ini terlihat banyak masyarakat yang masih mengungsi,” ujarnya.

    Untuk itu, lanjut Thomas, pihaknya juga akan membangun kerohanian masyarakat melalui program trauma healing.

    “Ini kita programkan trauma healing bagi pengungsi. Pembenahan psikologi, dan ada juga rehab ringan rumah ibadah dan lembaga pendidikan,” tegasnya.

    Selain bantuan rehab bangunan, Ditjen Bimas Kristen juga fokus membantu jemaat yang sedang mengungsi. “Kami akan melihat prioritas bangunan yang rusak berat dan ringan, namun lebih fokus pada jemaat yang sedang mengungsi,” katanya.

    Usai menyerahkan bantan Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan bersama Dirjen Bimas Kristen dan rombongan meninjau kampus IAIN Ambon yang terdampak gempa dan tanah longsor. (wt)

    Berikut Rincian Peruntukan Bantuan Rp1,1miliar:
    50 orang terdampak x Rp2,5 juta
    1 orang meninggal x Rp5 juta
    7 Masjid x Rp50 juta
    Masjid Al Hikmah IAIN
    Masjid Jami Liang
    Masjid Nurul Huda
    Masjid Al Khairiah
    Masjid Nurul Hijrah
    Masjid An Nuur
    Masjid Isiya Ulumudin Kalapa Dua SBB
    2 Gereja x Rp50 juta      
    Gereja GBI
    Gereja Katolik ST Yosep Paso
    5 Ponpes x Rp30 juta
    Salafia Isha
    Al Anwar
    Sufa Hisbullah
    Nadin Ulumudin
    Al Anshor Liang
    3 Madrasah Negeri x Rp50 juta
    MAN 1 Ambon
    MAN 1 Tulehu
    MI Al Hidayah
    2Madrasah Swasta x Rp30 juta
    MTs Al Ikhlas Kelapa Dua
    MAS Al Ikhlas Kairatu
    Mushola Wailusung Rp50 juta

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan