Sabtu, 10 April 2021
27 C
Surabaya
More
    Tak BerkategoriNetralitas TNI dan Polri pada Pemilu 2019 Sedang Diuji

    Netralitas TNI dan Polri pada Pemilu 2019 Sedang Diuji

    – Netralitas TNI- dalam Pemilu 2019 sedang diuji. Mengapa, menurut , salah satu faktor yang ikut menentukan kualitas adalah netralitas TNI dan Polri.

    Reformasi mengamanhkan, TAP MPR RI Nomor VII Tahun 2000 tentang Peran TNI dan Polri dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

    Bamsoet, sapaan akrab Ketua itu menambahkan, dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 dengan tegas menyatakan anggota TNI dilarang menjadi anggota partai , mengikuti kegiatan politik praktis dan kegiatan untuk dipilih menjadi anggota legislatif dalam Pemilu maupun jabatan politis lainnya.

    “Apabila ada anggota TNI yang ingin menjadi anggota partai politik, mengikuti kegiatan politik praktis, ataupun maju dalam Pemilu, maka terlebih dahulu harus mengundurkan diri dari keanggotaan TNI,” ujar Bamsoet saat mengisi kuliah umum ‘Peran Legislatif dalam Menjaga Netralitas TNI Pada Pemilu’, dihadapan Sekolah Staf dan Komando (Seskoal) TNI Angkatan , di Jakarta, Senin (21/1/2019).

    Hadir dalam kuliah umum ini antara lain Komandan Seskoal Laksda TNI Amarulla Octavian, Wakil Komandan Seskoal Laksma TNI Tatit Eko, Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, para pejabat Seskoal serta ratusan peserta didik Seskoal TNI.

    Reporter : WartaTransparansi.com
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan