Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoDikbud Kerahkan Sekolah Ikuti Kirab HUT 106 Kota Mojokerto

    Dikbud Kerahkan Sekolah Ikuti Kirab HUT 106 Kota Mojokerto

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mengerahkan semua sekolahan mulai SD-SMP dan SMA/SMK menampilkan kreatifitasnya mengikuti kirab Mojobangkit guna meriahkan Perayaan HUT ke-106 Kota Mojokerto, Senin (17/6/2024) siang.

    Kepala Dikbud Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo yang mendapat mandat penyelenggaraan kirab Mojobangkit guna meriahkan HUT 106 kota Mojokerto menjelaskan, selain melibatkan ratusan pelajar mewakili masing-masing sekolahan, peserta kirab juga melibatkan perwakilan dari masing-masing kelurahan dan istansi se-kota Mojokerto.

    Adapun thema kirab masing-masing peserta menampilkan 3 erah yang ada di kota Mojokerto, yakni era Majapahit, era Kadipaten Japan serta era perjuangan dan kemerdekaan. “Masing-masing peserta menunjukan kreatifitasnya dengan menggunakan busana dan peralatan lainnya menyesuaikan dengan pilihan dari 3 tema yang di sepakati Pemkot Mojokerto,” jelas Ruby Hartoyo.

    Baca juga :  Apel Siaga Gabungan Pengendalian Karhutla

    Dijelaskan pelaksanaan kirab kali ini semua masyarak dan pelajar/sekolahan cukup antusia, sehingga peserta cukup membludak, hingga mencapai 10o lebih peserta dengan rincian 36 SD/MI, 21 SMP/M.TSn, 16 SMA/SMK/NAN, 27 Kelurahan dan 20 instansi pemerintahan.

    “Saking antusianya, 1 keluarahan ada yang mengeluarka 3 perserta, mulai dari Karangtaruna, PKK dan RW. Dari kalangan pelajar juga cukup banyak selain sekolahan negeri, sekolah swasta juga banyak yang tampil,” aku Ruby.

    Dijelaskan, semua peserta akan berkumpul di alon-alon tempat start kemudian mengelilingi jalan protokol dalam kota Mojokerto dan kembali finis di jantung kota alon-alon. Diperkirakan kegiatan kirab ini berakhir malam sekitar pukul 20.00 WIB.

    Adapun kirab ini akan diawali dengan dengan Sumpah kebangkitan yang dipimpin oleh Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro dengan diringi dengan penampilan marching band Taruna Brawijaya dan berlanjut dengan penampilan barongsai Young Lion.

    Baca juga :  Bupati  Ikfina  Resmikan  Pengolahan Air Minum Bersih, CSR PT. Yamaha Indonesia 

    Ali Kuncoro menyampaikan Kirab Mojobangkit sebagai rangkaian hari jadi Kota Mojokerto menjadi salah satu upaya dari Pemkot Mojokerto untuk melestarikan sekaligus mengembangkan wisata dan nilai-nilai tradisi luhur yang pernah ada di Bumi Majapahit.

    “Ini akan menjadi kalender event tahunan dan saya harapkan penyelenggaraanya dari tahun ke tahun bisa dilaksanakan semakin bagus lagi, semakin meriah lagi,” kata Mas Pj, sapaan akrab Ali Kuncoro.
    Melalui kegiatan ini Mas Pj juga berharap dapat meningkatkan pendapatan warga, khususnya para pelaku UMKM.

    “Saya harapkan penyelenggaraanya dari tahun ke tahun bisa dilaksanakan semakin bagus lagi, semakin meriah lagi dan kesuksesannya tidak saja pada acaranya tapi juga pada perekonomiannya,” harapnya.

    Baca juga :  Menuju Indonesia Emas, Disdikbud Kota Mojokerto Lakukan Praktek P5 Guru SMP

    Dalam kesempatan ini Mas Pj juga berpesan agar seluruh warga Kota Mojokerto tetap menjaga persatuan dan kesatuan khususnya saat pemilihan kepala daerah mendatang.

    “Mari kita sambut Pilkada nanti dengan sukacita, jaga selalu kebersamaan, guyub rukun kalaupun ada perbedaan, kalaupun ada perselisihan tapi semua masih dalam bingkai kebhinekaan atau perbedaan itu dimaknai menjadi sebuah rahmatan lilalamin,” tutupnya. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan