Rabu, 24 Juli 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaLolos ke Putaran Ketiga, Timnas Kembali Bertarung September Nanti

    Lolos ke Putaran Ketiga, Timnas Kembali Bertarung September Nanti

    JAKARTA (WartaTransparansi.cm) – Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kemenangan atas Timnas Filipina dalam laga keenam putaran kedua menjadi penentunya.  Tim Garuda menang 2-0 atas Azkals dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

    Thom Haye dan Rizky Ridho menjadi pencetak gol bagi Timnas Indonesia. Hasil ini membawa Tim Garuda melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan ke putaran final Piala Asia 2027. Sebaliknya, sukses timnas tidak diikuti tim-tim kuat Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia yang nyungsep di partai terakhir penyisihan putaran kedua.

    Kini, tim asuhan Shin Tae-yong untuk sementara akan kembali ke klub masing-masing. Mereka akan kembali bertarung untuk Timnas Indonesia, September mendatang. Saat itu fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai. Tim-tim kuat pun potensial akan dihadapi oleh Timnas Indonesia. Termasuk mereka yang sudah menjadi langganan ke Piala Dunia seperti Timnas Jepang, Timnas Iran, Timnas Arab Saudi, atau Timnas Korea Selatan.

    Baca juga :  Waketum PB ISSI Lepas Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

    Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong puas atas kemenangan anak asuhnya atas Filipina. Dia menyebut pertandingan malam ini tidak mudah bagi timnas Indonesia, apalagi pertahanan Filipina cukup kokoh hingga 30 menit babak pertama. “Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga jualifikasi Piala Dunia 2026,” kata Shin Tae-yong.

    Shin Tae-yong sadar bahwa di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. Asnawi Mangkualam berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya. “Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah.”

    Baca juga :  32 Provinsi Dipastikan Ikuti Porwanas di Kalimantan Selatan

    “Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga),” tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

    Sementara Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet memberikan selamat atas pencapaian Timnas Indonesia. Pelatih berusia 51 tahun utu merasa Tim Garuda melakukan hal yang luar biasa.  “Saya ingin ucapkan selamat untuk Timnas Indonesia, PSSI, dan juga masyarakat Indonesia karena sudah menang dan lolos Piala Asia 2027 dan ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia,” katanya.

    Melihat stadion Utama Gelora Bung Karno dipadati lebih dari 65 ribu penonton pada laga itu membuat Tom Saintfiet pun kagum. Bahkan, Tom Saintfiet menyebut atmosfer di SUGBK belum pernah ia alami sebelumnya. Padahal, ia sudah melatih selama 27 tahun. “Atmosfer di stadion ini luar biasa,” katanya. (*)

    Baca juga :  Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Remehkan Kamboja

     

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan