Sabtu, 15 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSidoarjoRebut Hadiah 300 Juta, RT 24 Perumahan Magersari Permai Ikut Lomba RT...

    Rebut Hadiah 300 Juta, RT 24 Perumahan Magersari Permai Ikut Lomba RT Sehat

    SIDOARJO (WartaTransparansi.com) – Keseriusan Pemkab Sidoarjo menggelar Lomba RT (Rukun Tetangga) dengan hadiah 300 juta, mulai merambah di kecamatan Sidoarjo.

    Kebetulan, RT 24 RW 07 Perumahan Magersari Permai ditunjuk mewakili RT kategori Sehat. Tim juri independen mulai survei di lokasi didampingi Ketua RT 24 R. Bayu Aji dan penggerak dasa wisma 105, 106, 107, 108 dan dawis 109.

    Tim juri tidak menyangka RT 24 yang ikut dalam kategori Sehat mampu mewujudkan lingkungan sehat dimulai dari tiap dawis.

    “Secara umum, kreteria RT sehat di wilayah RT 24 sudah terfasilitasi. Seperti, kesadaran hidup sehat dari pengelolaan sampah, tiap rumah sudah memiliki jamban sehat, keharusan tiap rumah ada penghijauan,” kata Bayu Aji, usai dilakukan penilaian tim juri, Rabu (22/5/2024) di balai RT 24.

    Rebut Hadiah 300 Juta, RT 24 Perumahan Magersari Permai Ikut Lomba RT Sehat

    Lanjut mas Bayu — sapaan akrabnya, tim juri juga menanyakan kesigapan Posyandu terdapat warga yang memiliki balita. Dijelaskan oleh tim penggerak PKK dan Pengurus Dawis, bukan hanya bayi yang menjadi perhatian, ibu-ibu dan anak di lingkungan RT 24 menjadi bagian penting untuk mewujudkan generasi sehat dan cerdas.

    “Alhamdulillah, secara umum inshaAllah RT 24 mampu bersaing untuk kategori sehat dan mewakili Kecamatan Sidoarjo di tingkat kabupaten. Seperti kamar mandi, tandon air, kolam atau aquarium bebas jentik nyamuk, warga aktif membersihkan lingkungan,” ulasnya.

    Perlu diketahui, lomba RT Pemkab Sidoarjo, terdapat 5 kategori yang dilombakan, yaitu RT Jimpitan, RT Sehat, RT Asri, RT Berbudaya dan RT Mandiri. Masing-masing kategori memiliki aspek dan indikator penilaiannya. Hadiahnya Rp. 300 juta bagi juara pertama dimasing-masing kategori.

    Sebelumnya, Asisten bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra, M. Ainur Rahman, AP., MS menjelaskan, peserta RT harus memperhatikan aspek dan indikator penilaian dari 8.860 RT se Sidoarjo jika ingin memboyong hadiah fantastis tersebut.

    “Sejatinya Lomba RT dibuat untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong yang tergerus perkembangan zaman. Padahal budaya gotong royong seperti ini mempercepat tujuan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo,” paparnya.

    Sedang Tenaga Ahli Kabupaten Badrus Zaman, mengurai penentuan juara Lomba RT berdasarkan pada masing-masing aspek dan indikator penilaian. Seperti Lomba RT kategori RT Jimpitan ada pada aspek tertib adminitrasi waktu pemungutan dan partisipasi warga.

    “Penilainnya RT Jimpitan ini juga ada pada aspek pemanfaatan hasil jimpitan itu sendiri, apakah digunakan untuk sosial kemasyarakat ataupun infrastruktur lingkungan,” ucapnya.

    Untuk aspek penilaian RT Mandiri, yaitu penguatan kemandirian, pemberdayaan ekonomi. Semisal, apakah lingkup RT ada rutin kegiatan sosial seperti santunan fakir miskin dan anak yatim ataupun memiliki inovasi kegiatan dalam mengatasi kemiskinan.

    Untuk RT Asri, penilaiannya terdapat pada kebersihan, keindahan lingkungan dan tata lingkungan. Indikatornya pada pengelolaan sampah dan penghijauan serta ornament lingkungan taman RT. Draininase lingkungan serta penerangan jalan serta sempadan jalan juga menjadi aspek penilaian RT asri pada tata lingkungan.

    Pada RT Berbudaya, aspek penilainnya ada pada keberadaan pos kampling serta sistem pengetahuan masyarakatnya. Seperti apa bangunan fisik serta sistem pengamanan di wilayah RT tersebut. (*)

    Reporter : Makin Rahmat

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan