Sabtu, 15 Juni 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSidoarjoKemenag Sidoarjo Dr H Moh. Arwani, MHi :Wali Siswa Supaya Laksanakan 5...

    Kemenag Sidoarjo Dr H Moh. Arwani, MHi :Wali Siswa Supaya Laksanakan 5 Kunci Sukses

    SIDOARJO (Wartatransparansi.com) – Wali siswa diharapkan melaksanakan 5 kunci sukses, untuk mengantarkan putra putri setelah lulus mencapai pendidikan lebih baik, dan terus berprestasi.

    “Saya pesan kepada wali siswa 5 hal mendasar sebagai kunci mencapai sukses pendidikan siswa atau murid setelah lulus,” kata Kepala Kemenag (Kementerian Agama) RI Kabupaten Sidoarjo, Dr H Moh Arwani M.Hi, Rabu (22/5/2024) saat Pelepasan Peserta Didik Angkatan 45 Madrasah Zakiyah Negeri (MAN) Sidoarjo tahun ajaran 2023-2024.

    Pelepasan Peserta Didik dengan motto, “Mewujudkan Generasi Mandiri Berprestasi”, berlangsung di auditorium MAN Sidoarjo, Moh Arwani menegaskan bahwa 5 hal mendasar itu, yaitu;

    Pertama, Niat menyekolahkan atau kuliahkan anak dengan ikhlas, supaya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Kalau ikhlas semua akan diganti Allah SWT, bahkan karena ikhlas bisa saja biaya terpenuhi dari arah manapun.

    Kemenag Sidoarjo Dr H Moh. Arwani, MHi :Wali Siswa Supaya Laksanakan 5 Kunci Sukses
    Kemenag Sidoarjo Dr H Moh. Arwani, MHi

    Kedua, Edukasi, yaitu dengan memberikan arahan bimbingan dan petunjuk dari wali siswa. Juga ada suport dari wali siswa.

    Ketiga, Komitmen, dengan semangat harus mampu menyekolahkan atau mengkuliahkan. “Anak saya harus bisa kuliah. Kalau komitmen dan sudah diikhtiyari, InsyaAllah akan terkabul,” tandasnya.

    Keempat, Aksi, dengan mengimplementasikan ada melaksanakan, dengan aksi atau usaha sungguh sungguh dan mempraktikan juga.

    Kelima, Do‘a. “Kehebatan doa orang tua doanya sama dengan doa Nabi . “Doa orang tua sama dengan doanya nabi kepada umatnya,” tandas Moh Arwani menyitir hadits.

    Kepala Kemenag RI Sidoarjo juga menjelaskan, bahwa keberhasilan selama belajar di MAN Sidoarjo, hingga hampir 50 persen diterima di perguruan tinggi, karena kerja sama dari Komite, Kepala Madrasah, Wakil Kepala, guru-guru, dan peran orang tua

    “Keberhasilan siswa jika berhasil membanggakan orang tua dan guru guru, dan hal itu tidak lepas dari peran semua pihak yang terkait bersama sama memajukan MAN Sidoarjo,” ujarnya.

    Kemudian, menanyakan kepada wali siswa, “Apakah bangga dengan keberhasilan siswa sekarang,” katanya. Langsung dijawab, “Bangga …”.

    Moh Arwani mengingatkan bahwa seperti acara
    Pelepasan Peserta Didik,
    tanpa ada suport dan kerja sama yang baik semua pihak, Komite, Kepala, Waka, guru dan wali siswa, tidak mungkin acara ini bisa dilaksanakan dengan baik.

    Kepala Kemenag RI Sidoarjo kemudian menceritakan bahwa sebagai alumni MAN Sidoarjo, bahkan 3 putra putrinya juga bersekolah di MAN Sidoarjo.

    “Saya pribadi alumni MAN, kita bangga sevisi dan semisi. Apalagi prestasi siswa siswi juara Jatim, Nasional, dan Internasional berkat dukungan semua pihak,” katanya secara terpisah mengakhiri. (*)

    Reporter : Nuriya Maslaha

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan