Senin, 22 April 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaTimnas Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

    Timnas Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia tuntas menyelesaikan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 sepanjang Maret 2024 dengan dua kemenangan beruntun atas Vietnam. Terkini, Garuda menang 3-0 saat bertandang ke Stadion Nasional My Dinh di Hanoi, markas Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

    Dua pemain anyar Garuda, Jay Idzes (9′) dan Ragnar Oratmangoen (23′), mencetak gol pada debut mereka sebelum Ramadan Sananta menuntaskan kemenangan lewat gol pada injury time babak kedua. Hasil ini memastikan Merah Putih mematahkan catatan 19 tahun lebih tanpa menang di Hanoi.

    Sekaligus, hasil ini menjadi hattrick kemenangan beruntun Garuda atas Vietnam setelah hasil 1-0 di Piala Asia dan juga kemenangan dengan skor sama pada pertemuan pertama pekan lalu. Garuda kini duduk kokoh di peringkat kedua klasemen Grup F di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Timnas Indonesia duduk dengan tujuh poin di belakang Irak yang memastikan diri lolos ke putaran ketiga berkat kemenangan 5-0 atas Filipina pada hari Garuda bertandang ke Hanoi. Irak kini mengoleksi 12 poin, sementara Garuda 7 poin, dan Vietnam 3 poin. Filipina berada di peringkat buncit setelah hanya mengambil 1 poin dari empat laga.

    Berikutnya Timnas Indonesia akan kembali tampil pada awal Juni 2024 setelah musim kompetisi klub berakhir. Rizki Ridho dkk bakal menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis, 6 Juni 2024, dan menutup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia dengan menghadapi Filipina di venue sama pada Selasa, 11 Juni 2024.

    Jika berhasil mempertahankan posisi kedua, Garuda akan lolos ke Piala Asia 2027 dan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebanyak 18 tim bakal melaju dari putaran kedua ke putaran ketiga. Mereka bakal dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Dua tim teratas dari setiap grup lolos ke Piala Dunia 2026 sementara tim peringkat ketiga dan keempat melaju ke putaran keempat.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Atas prestasi itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi ucapan selamat kepada Timnas yang berhasil mengalahkan Timnas Vietnam dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. “Selamat kepada Tim Nasional (Timnas) Indonesia atas kemenangan gemilang melawan Vietnam dengan skor 3-0 di kandang lawan, stadion My Dinh National, Hanoi, Vietnam!,” tulis Jokowi dalam unggahan di akun media sosial X resminya @jokowi pada Selasa malam.

    Jokowi lantas memberikan semangat kepada Timnas Garuda yang masih akan menghadapi fase kualifikasi babak ketiga Piala Dunia 2026. “Selangkah lagi untuk melaju ke fase kualifikasi babak ketiga Piala Dunia 2026. Teruslah berjuang dengan penuh semangat!,” tulis Jokowi lagi. (*)

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

     

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan