Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriInflasi Kota Kediri Tahun 2023 Terendah di Jawa Timur

    Inflasi Kota Kediri Tahun 2023 Terendah di Jawa Timur

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Inflasi year on year (yoy) Kota Kediri 2023 berada diangka 2,64 persen. Angka tersebut berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri. Sementara untuk inflasi bulan Desember (month to month) 2023 sebesar 0,17 persen.

    Secara yoy inflasi Kota Kediri 2,64 persen masih sedikit lebih tinggi dari inflasi Nasional 2,61 persen tetapi masih di bawah inflasi Jawa Timur yang sebesar 2,92 persen.

    Pencapaian inflasi Kota Kediri telah memenuhi target inflasi tahun 2023 yang telah ditetapkan yaitu sebesar 3±1 persen. Secara mtm inflasi Kota Kediri menempati posisi sebagai inflasi terendah di Jawa Timur.

    Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah, mengungkapkan capaian tersebut menunjukkan berbagai program atau kegiatan dalam pengendalian inflasi menjelang Natal dan Tahun Baru memberikan dampak yang positif terhadap inflasi Kota Kediri. Pertama, Pemerintah Kota Kediri bersama TPID dan stakeholder terkait menggelar rapat koordinasi, evaluasi hingga high level meeting mengenai pengendalian inflasi di Kota Kediri.

    Baca juga :  Ditangan Bupati Hanindito Himawan Pramana, Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Kediri Alami Kenaikan

    Termasuk membahas berbagai komoditas yang mendominasi sebagai penyumbang inflasi. Ada pula kegiatan capacity building.

    “Koordinasi terus kita bangun dalam mengendalikan inflasi. Kami membahas dan mencari solusi mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi inflasi di Kota Kediri. Kita jaga agar inflasi tetap terkendali,” ungkapnya.

    Zanariah menjelaskan selain itu, TPID Kota Kediri bersama stakeholder terkait juga melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. Sosialisasi ini melalui berbagai media. Harapannya agar masyarakat mengetahui ketersediaan komoditas di Kota Kediri.
    Serta mengajak masyarakat untuk bijak dalam berbelanja.

    “Informasi terus kita berikan agar ketika terjadi kenaikan harga masyarakat tidak panik. Serta masyarakat bisa bijak dalam berbelanja khususnya pada momen Natal dan Tahun Baru kemarin,” jelasnya.

    Baca juga :  Permudah Akses Layanan Kesehatan Bagi Warga, Mas Dhito Wujudkan Kabupaten Sehat

    Pj Wali Kota Kediri menambahkan, dalam mengendalikan inflasi juga dilakukan kegiatan operasi pasar dan gerakan pangan murah. Tujuannya untuk menekan harga-harga di pasar agar stabil. Sehingga masyarakat dapat menjangkau harganya. Kegiatan pasar murah ini digelar di kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Kediri. Komoditas yang dijual adalah komoditas yang banyak dibutuhkan masyarakat.  (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan