Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    JakartaPastikan Arus Mudik Aman, Menko Muhadjir Blusukan Sisir Ruas Tol Jakarta-Cikampek

    Pastikan Arus Mudik Aman, Menko Muhadjir Blusukan Sisir Ruas Tol Jakarta-Cikampek

    JAKARTA (Wartatranspqransi.com) — Mengantisipasi lonjakan arus mudik dan aktivitas masyarakat dalam rangka menikmati libur perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy blusukan menyisir sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek, pada Senin (25/12).

    Muhadjir sempat mampir ke Command Center PJR Korlantas Polri yang berlokasi di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek. Muhadjir memperhatikan sejumlah pantauan kamera CCTV yang menunjukkan kondisi arus lalu lintas di sejumlah titik jalan tol dan ruas-ruas jalan protokol di beberapa kota/kabupaten.

    Berdasarkan hasil laporan yang diterima, Muhadjir menyampaikan bahwa kondisi lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar. Kendati demikian, terdapat kenaikan intensitas kendaraan yang melewati jalur tol tersebut dibandingkan pada libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

    Baca juga :  Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional di Iran

    “Kondisi lalu lintas lancar tidak ada kendala yang cukup berarti. Memang ada kenaikan dibanding Natal tahun lalu, tetapi masih bisa diatasi,” ujar Muhadjir kepada awak media.

    Muhadjir menghimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati selama berada di perjalanan. Memeriksa kendaraan sebelum berangkat mudik menjadi langkah yang disarankan oleh Muhadjir untuk memastikan keselamatan saat berkendara, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

    “Jangan sembrono, jangan dianggap enteng kalau nanti ada gangguan dan masalah dari kendaraan. Oleh karena itu, dicek betul kondisi ban, bahan bakar, mesin, semua dicek betul agar kondisi kendaraan prima,” tegas Muhadjir.

    Selain itu, Muhadjir juga melanjutkan tinjauan arus lalu lintas hingga ke Gerbang Tol Cikampek Utama yang berlokasi di KM 70. Pada titik tinjauan ini, Muhadjir kembali menjumpai situasi ruas tol di kedua arah yang masih lengang. Berdasarkan laporan Pos Pantau Jasa Marga dilokasi tersebut, belum dijumpai kepadatan yang berarti di sepanjang ruas tol Jakarta hingga Kalikangkung.

    Baca juga :  Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional di Iran

    Sementara itu, melanjutkan tinjauannya di sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek, Muhadjir mampir ke Objek Wisata Wonderland Adventure Waterpark yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Muhadjir melihat masyarakat telah mulai memadati tempat wisata tersebut.

    “Saya lihat masyarakat telah memadati objek-objek wisata. Jumlahnya sudah mencapai dua kali lipat dibanding hari biasa. Bukan hanya di objek wisata Wonderland ini, tetapi saya juga dilaporkan kalau Ancol dan Puncak Bogor sudah padat. Saya sarankan untuk masyarakat cermat memilih tempat wisata agar terhindar dari kepadatan,” ucap Muhadjir.(*)

    Reporter : Anwar HD

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan