Kamis, 23 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriKPU Kota Kediri Sosialisasi dan Simulasi Cara Pencoblosan kepada Penyandang Disabilitas

    KPU Kota Kediri Sosialisasi dan Simulasi Cara Pencoblosan kepada Penyandang Disabilitas

    KEDIarI (Wartatranspqransi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar sosialisasi dan simulasi tata cara pencoblosan Pemilu 2024, kepada penyandang disabilitas di halaman kantor tersebut, Rabu (20/12/2023).

    Sosialisasi yang diberikan mulai dari partai politik, pasangan capres dan cawapres, calon legislatif, dan calon anggota DPD yang mengikuti Pemilu 2024, serta tanggal pelaksanaan pemilu tanggal 14 Februari 2024 akan datang.

    Sementara simulasi yang diberikan berupa tata cara pencoblosan, mulai dari membedakan kertas suara presiden, DPR, DPRD dan DPD, serta cara pelipatan hingga memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara.

    Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi mengatakan, KPU mewajibkan kepada semua kegiatan Pemilu untuk memberikan fasilitas kepada lapisan masyarakat khususnya penyandang disabilitas termasuk melalui sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    Baca juga :  SKB 3 Menteri Putuskan Biaya Pengurusan PTSL Rp. 150 ribu, di Kediri Dibandrol Rp 600 hingga Rp 750 ribu?

    ” Jadi kita (KPU.red) tidak ada diskriminasi berkenaan penyelenggaraan Pemilu baik kepada masyarakat umum dan disabilitas,” ucapnya.

    Puspo menyampaikan, materi yang disampaikan kepada penyandang disabilitas berkaitan logistik, jenis, ketersediaan lokasi TPS inklusif, dan waktu penyelenggaraan Pemilu 2024.

    TPS Inklusif sendiri merupakan layanan KPU untuk mendukung aksesibel bagi penyandang disabilitas, dimana keberadaanya bakal tersebar di seluruh lokasi TPS di Kota Kediri.

    ” TPS se-Kota Kediri sebanyak 856 titik, akan ditunjang dengan aksesibel atau ramah bagi penyandang disabilitas, dimana tata letaknya baik di dalam maupun diluar ruangan. Lokasi keberadaanya tidak dalam posisi bertangga, dikhawatirkan akan menyulitkan penyandang disabilitas untuk mengunakan hak pilihnya ke TPS terutama yang menggunakan kursi roda,” terangnya.

    Baca juga :  Lindungi Hak Tanah, Bupati Kediri Ingatkan Warga agar Sertifikat Tanah Tidak Boleh Dijadikan Agunan ke Rentenir

    Selain itu, kata Puspo pada bilik suara oleh petugas akan menyediakan posisinya berada di meja berongga, sehingga harapanya bagi penyandang disabilitas dapat memperoleh posisi kenyamanan ketika menggunakan hak pilihnya. Petugas juga bakal memberikan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas tunanetra untuk bisa menggunakan hak pilihnya dalam surat suara.

    Apabila tetap ada kesulitan, menurutnya penyandang disabilitas itu bisa didampingi oleh keluarganya atau oleh petugas KPPS saat menggunakan hak pilihnya.

    “Kalau nanti ada pendamping, dia harus membuat surat pernyataan tidak memberitahukan pilihannya kepada orang lain,” urainya.

    Sementara itu Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cabang Kota Kediri, Gatut Sungkowono, pihaknya sangat antusias dan berterima kasih atas dukungan dari KPU Kota Kediri menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi pemungutan suara Pemilu 2024.

    Baca juga :  Wow..! Panitia PTSL Mendapat Honor Rp. 2,5 Juta Perbulan Plus Mamin dan Uang Lembur

    Dalam kegiatan ini melibatkan 4 organisasi penyandang disabilitas di Kota Kediri meliputi organisasi penyandang cacat tubuh gema nurani, persatuan tuna netra, gerakan kesejahteraan tuna rungu wicara, dan wanita disabilitas.

    Gatut juga memberikan masukan kepada KPU agar dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 nanti, ada petugas KPU atau KPPS yang siap melayani penjemputan penyandang disabilitas ke tempat TPS.

    ” Berkaca Pemilu sebelumnya, sebaiknya ada petugas yang menjemput kami penyandang disabilitas ke TPS, dan bukan sebaliknya petugas KPU mendatangi rumah penyandang disabilitas,”ungkapnya. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan