Sabtu, 13 April 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaFIFA Sahkan Naturalisasi Justin Hubner dari KNVB ke PSSI

    FIFA Sahkan Naturalisasi Justin Hubner dari KNVB ke PSSI

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Kekuatan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 bakal semakin bertambah dengan adanya pemain baru asal Belanda Justin Hubner.  Ketua PSSI, Erick Thohir, mengabarkan Federasi sepakbola Internasional atau  FIFA telah mengesahkan perpindahan asosiasi Justin Hubner dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

    Lewat akun Instagramnya, @erickthohir, pada Jumat (15/12/2023) pagi WIB, Erick Thohir mengunggah surat dari FIFA perihal persetujuan peralihan federasi Justin Hubner. Keputusan FIFA yang terbit pada Rabu (13/12/2023) itu membuat Justin Hubner sudah legal untuk memperkuat Timnas Indonesia. Terdekat, Hubner bisa tampil di Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

    Justin Hubner diangkat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi setelah diambil sumpah kewarganegaraan RI pada 6 Desember 2023. “Setelah proses naturalisasi tuntas, Alhamdulillah Justin Hubner sudah menyelesaikan proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI,” tulis Erick Thohir.

    Sebelum memilih untuk berpaling ke Timnas Indonesia, Justin Hubner pernah bermain tujuh kali untuk Timnas Belanda U-19 dan sekali buat Belanda U-20. “Justin Hubner yang sebelumnya pernah memperkuat Timnas Belanda U-20, kini sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat,” jelas Erick Thohir.

    Justin Hubner adalah kapten Wolverhampton Wanderers U-21. Bek berusia 20 tahun itu hampir debut di Premier League ketika melawan Arsenal pada 2 Desember 2023. Namun, palang pintu berpostur 187 cm itu belum mendapatkan kesempatan berlaga dan hanya duduk manis di bangku cadangan.

    Dengan kabar ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengisyaratkan akan membawa Justin Hubner ke pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan untuk Piala Asia 2023. Seperti diketahui, timnas Indonesia bakal menggelar training camp di Turki pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 dan dua kali beruji coba dengan Timnas Libya. “Justin Hubner bisa dibawa ke Piala Asia 2023,” ujar Shin Tae-yong. “Memang ada pemain naturalisasi tambahan yaitu Justin Hubner. Mungkin selain itu ada beberapa pemain yang datang, pasti skuad akan lebih baik,” imbuhnya. (*)

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan