Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiKodim 0825/Banyuwangi Laksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023

    Kodim 0825/Banyuwangi Laksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Dalam Rangka HUT TNI Ke-78 TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, Kodim 0825/Banyuwangi Laksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 yang bertempat Sawah Taman Kepundung Dusun Rembang RT 01 RW 01 Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (01-11-2023).

    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapten Inf Mustohir Pj Kasdim 0825/Banyuwangi, Ilham Juanda Plt Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, AKP Setiyo Widodo, SH. Kapolsek Licin,
    Risky Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Suyadi, S.H.,M.H., Panitera PN Banyuwangi,
    Pa Staf Kodim 0825/Banyuwangi, Jajaran Danramil 0825/01 s.d 0825/21, Jajaran Danposramil 0825/22 s.d 0825/24, Sunandi Kades Banjar, Perwakilan Babinsa Kodim 0825/Banyuwangi, Mantri dan PPL Kecamatan Licin, Balai Pelatihan Pertanian Kecamatan Glagah serta Poktan Apokat Dusun Rembang Desa Banjar.

    Baca juga :  Penuhi Kebutuhan Makanan Sesuai Standar, Petugas Lapas Banyuwangi Ikut Uji Kompete

    Plt. Kadistan Banyuwangi Bapak Ilham Juanda menyampaikan Ketahanan pangan itu ada tiga pilar diantaranya, Pilar yang pertama adalah ketersediaan pangan
    Pilar yang kedua keterjangkauan pangan. Pilar yang ketiga adalah pemanfaatan pangan, dan kegiatan kita pada pagi hari ini masuk di dalam ketersediaan pangan jadi untuk memelihara produksi, menyelamatkan panen itu semuanya dalam rangka pilar ketahanan pangan,” katanya.

    “Ketahanan pangan ini penting kita lakukan secara nasional, karena situasi dan kondisi saat ini kita menghadapi el nino yaitu fenomena kekeringan maka kelompok petani harus menyesuaikan dengan perubahan iklim yang terjadi supaya pilar ketersediaan pangan kita bisa tetap tersedia dengan perubahan iklim,” ujarnya.

    Baca juga :  Di Banyuwangi, Ribuan Jamaah Hadiri Gema Bershalawat Bersama Tiga Putra Abu Dardak

    W.s Kasdim 0825/Banyuwangi Kapten Inf Mustohir menyampaikan
    Terima kasih atas kehadiran Bapak ibu sekalian dalam pelaksanaan gerakan nasional ketahanan pangan, mudah-mudahan hal ini bisa mewujudkan untuk pertanian tambah makmur lagi,” katanya.

    Makruf Amin Wakil Presiden RI menyampaikan, Pertanian gerakan nasional ketahanan pangan ini merupakan jawaban terhadap persoalan-persoalan masalah pangan yang dihadapi oleh global di dunia mengalami masalah. Dan kebetulan di bawah TNI ini banyak lahan-lahan yang yang masih tidur oleh karena itu kita melakukan upaya-upaya organisasi dan ini juga bagian dari tugas TNI dalam rangka operasi militer selain perang,” ucapnya.

    “Mari optimalkan sekarang pada masalah penanggulangan pertahanan pangan, saya kira seluruh kodam bisa melakukan gerakan-gerakan ketahanan pangan sehingga tidak ada tanah yang ada tidur lagi serta jangan ada tenaga yang nganggur,” jelasnya.

    Baca juga :  Di Banyuwangi, Ribuan Jamaah Hadiri Gema Bershalawat Bersama Tiga Putra Abu Dardak

    Panglima TNI Jenderal TNI Yudho Margono mengucapkan,”Terimakasih selamat datang Bapak Wapres bahwa hari ini dilaksanakan gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI bahwa hanpangan ini dilaksanakan oleh TNI angkatan Darat, Laut dan Udara, yang selama ini jadi kebijakan para Staf angkatan untuk menanam atau menanami lahan-lahan yang selama ini masih kosong,” katanya.

    Bapak Nasrul Kapoktan Apokat menyampaikan, kami sebagai warga sangat antusias karena kegiatan Hanpangan ini dilaksanakan di Dusun kami dan itu pun jadi penyemangat kami untuk lebih meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian kami. Kita sebagai petani juga merasa dihormati dan diperhatikan,” ucapnya. (*)

    Reporter : Nur Muzayyin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan