Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanBersama Ribuan Warga Ketua DPRD Sujatno Jalan Napak Tilas Parang Magetan

    Bersama Ribuan Warga Ketua DPRD Sujatno Jalan Napak Tilas Parang Magetan

    MAGETAN (Wartatransparsansi.com) – Ketua DPRD Sujatno mengikuti Peringatan hari jadi Magetan ke 348 yang akan jatuh pada tanggal 12 Oktober 2023. Hari ini Senin (9/10/2023) siang Sujatno bersama forkompimda dan ribuan peserta mengikuti napak tilas Ngunut – Parang – Magetan yang berjarak kurang lebih 15 km.

    “Napak tilas ini sebetulnya refleksi ke masa lalu dan seberapa besar kita dalam menjalankan amanah dari para pendahulu kita,”ujar Sijatno disela sela acara napak tilas. Gerak jalan itu untuk mengenang peristiwa sejarah perpindahan pusat pemerintahan kabupaten dari Magetan ke desa Ngunut Kecamatan Parang akibat agresi militer Belanda tahun 1948.

    Perpindahan ini dilakukan guna menghindari kekosongan kekuasaan dan meneruskan perjuangan, Pemerintah Kabupaten Magetan kemudian mengambil langkah strategis dengan memindahkan pusat pemerintahan ke Desa Ngunut, Kecamatan Parang.

    Baca juga :  Lomba Takbir Berlampion Dalam Peringatan Hari Raya Idul Adha

    Kegiatan napak tilas Ngunut-Parang-Magetan rutin digelar setiap tahun. Masyarakat dapat berpartisipasi sebagai wujud nyata mengenang peristiwa bersejarah sembari berolah raga.” sambil berolah raga kita mengenang perjalanan sejarah Magetan,” ujar Sujatno.

    Disela sela acara Sujatno memberikan bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat, yang diserahkan dibeberapa lokasi salah satunya di tempat start jalan sehat. Hal tersebut dilakukan untuk meringankan beban masyarakat sekitarnya. “Kami sembako kepada masyarakat meskipun tidak membantu sepenuhny tapi paling tidak dapat meringankan beban warga,” ujarnya.( Rud)

    Reporter : Rudy Ardi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan