Senin, 20 Mei 2024
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiTim Dalpur Denmatra 2 Kopasgat dan Tim Denpandutaikam Brigif 18/2 Trisula Gelar...

    Tim Dalpur Denmatra 2 Kopasgat dan Tim Denpandutaikam Brigif 18/2 Trisula Gelar Latihan Gabungan Di Bandara Blimbingsari

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Denmatra 2 Kopasgat Laksanakan kegiatan Manuver Lapangan Latihan Gabungan TNI T.A 2023. Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara di Bamdara Blimbingsari (OP3U) dan Penerjunan Operasi Gabungan Lintas Udara (Opsgablinud),di Bandara Blimbingsari kabupaten Banyuwangi Selasa  (1/8/ 2023).

    Latihan gabungan terdiri dari Tim Dalpur Denmatra 2 Kopasgat dan Tim Denpandutaikam Brigif 18/2 Trisula yang sebelumnya telah diinfiltrasikan ke daerah musuh melaksanakan dukungan Penerjunan terhadap pasukan Satpur OP3U dan Satuan Linud yang berhasil diterjunkan dengan Aman di dua Spot yang berbeda , yaitu di DZ Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan DZ Asembagus.

    Penerjunan tersebut dilaksanakan pada saat terang tanah dengan tujuan demi mendapatkan unsur pendadakan disaat musuh sedang lengah. Dalam rangkaian OP3U didalamnya terdapat Satuan Tempur dari Yonko 464 Kopasgat, Tim Dallan dan Jumping Master Denmatra 2 Kopasgat, setelah Peterjun landing, mereka segera melaksanakan perebutan cepat terhadap sasaran2 Vital yang berada di Bandara, dilanjutkan pengoperasian kembali Bandara yang telah berhasil dikuasai kembali dari pihak musuh guna mendukung Operasi selanjutnya. Setelah Bandara dikuasai, Satuan Denhanud Kopasgat melaksanakan Airlanded berupa Gelar Hanud yang terdiri dari Rudal QW-3 dan Radar Smart Hunter untuk melaksanakan Operasi Perlindungan Kekuatan Udara (OPKU).

    Baca juga :  Tingkatkan Sinergitas Dandim 0825 Kunjungi Lapas Banyuwangi

    Penerjunan tersebut merupakan bagian dari Operasi Udara Gabungan (Opsudgab) yang melibatkan Alutsista Udara berupa 4 Unit C-130 Herkules sebagai bagian dari Operasi Mobilitas Udara (OMU) dan pesawat tempur TNI AU sebagai Air Cover. (*)

    Reporter : Nur Muzayyin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan