Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    NasionalJadikan Peringatan Tahun Baru Islam Ajang Refleksi Spiritual

    Jadikan Peringatan Tahun Baru Islam Ajang Refleksi Spiritual

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Jadikan peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah yang jatuh pada 19 Juli 2023 ini sebagai momentum untuk menjaga kebersamaan. Perayaan 1 Muharram bisa menjadi ajang refleksi spiritual umat Islam dalam semangat memperkuat persatuan dan kebangsaan.

    Begitu harapan disampaikan Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Rabu (19/7/2023). “Tahun Baru Hijriah menjadi momentum bagi umat Islam untuk merefleksikan diri dalam iman dan takwa agar bisa semakin lebih baik lagi dalam mengamalkan ibadah dan berbuat kebajikan,” katanya.

    Puan meminta umat Islam tidak hanya sekadar menjadikan Tahun Baru Islam sebagai pergantian tahun. Namun, ia mengajak seluruh umat Islam untuk mengingat kembali peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah dan mengambil pesan yang terkandung kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    “Perayaan Tahun Baru Islam harus bisa membawa umat Islam terpacu untuk mengikuti ajaran-ajaran Rasulullah. Di momen pergantian Tahun Baru Islam, hendaknya umat Islam dapat berhijrah dengan meninggalkan hal-hal buruk dan sikap tercela menuju perilaku yang lebih terpuji,” paparnya.

    “Bagaimana umat muslim dapat berhijrah dari sifat-sifat yang memicu konflik, menjadi pribadi yang mengedepankan rasa perdamaian, kerukunan, dan toleransi sekaligus semakin memupukkan rasa kepedulian terhadap sesama,” lanjutnya.

    Puan juga mengajak umat muslim untuk memaknai pergantian Tahun Islam sebagai waktu yang tepat dalam merefleksikan nilai-nilai kebangsaan. Umat Islam juga diingatkan agar tak hanya memupuk kepedulian dalam lingkungan bermasyarakat, tapi juga meningkatkan kepedulian terhadap kehidupan bernegara.

    “Umat Islam juga dapat merefleksikan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam semangat menjaga kebersamaan, membangun persatuan, serta memupuk nasionalisme dan rasa bangga terhadap identitas Indonesia sebagai negara yang penuh dengan keberagaman,” ujar Puan.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    Ia pun berharap semangat berhijrah di Tahun Baru Islam dapat memperkokoh kesatuan bangsa. Sebab, menurut Puan, Allah SWT telah memberikan berkah bagi Bangsa Indonesia atas keberagaman suku, budaya, agama, dan bahasa yang menjadikan negara ini semakin kuat. “Namun di balik kemegahan keberagaman ini terdapat suatu tanggung jawab besar yang harus dipelihara oleh seluruh umat di Indonesia dengan teguh, yaitu persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

    “Jadikanlah perbedaan dari keragaman di Indonesia sebagai sumber kekuatan dan inspirasi untuk maju bersama. Semoga Tahun Baru Islam semakin mengokohkan semangat kebersamaan seluruh umat muslim yang ada di Indonesia,” harapnya.

    Sementara Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, memberikan ucapan Tahun Baru Islam kepada seluruh umat Islam di Indonesia maupun dunia.

    Baca juga :  Ketua Komisi l DPR Sebut Belum Ada Naskah Revisi UU Penyiaran yang Resmi

    Ia berharap seluruh umat Islam semakin bahagia, sejahtera dan sukses di tahun ini, “Saya beserta seluruh keluarga besar PKB mengucapkan selamat tahun baru 1445 Hijriah, semoga tahun ini kita semua semakin bahagia, sejahtera, dan sukses dunia dan akhirat,” kata dalam keterangan tertulis mengutip dpr.go.id, Rabu (19/7/2023).

    Cak Imin menyatakan, Tahun Baru adalah momentum tepat untuk mengevaluasi seluruh langkah dan gerak perjuangan di tahun lalu untuk selanjutnya diperbaiki dan dioptimalkan kembali.

    “Di awal tahun dan bulan Muharram ini, adalah momentum yang sangat penting buat kita untuk bersama-sama mengambil berkah mengambil kesempatan sekaligus membangun pondasi untuk langkah-langkah di tahun ini,” tuturnya.

    Di samping itu, Cak Imin juga mengajak seluruh umat Islam untuk bersama-sama mewujudkan pribadi-pribadi yang unggul, terutama dalam menjalankan tanggung jawab transendental kepada Allah SWT. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan