Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    JakartaKomisi Vl DPR Sarankan PT Pupuk Kujang Susun Rencana Matang Hadapi Revitalisasi...

    Komisi Vl DPR Sarankan PT Pupuk Kujang Susun Rencana Matang Hadapi Revitalisasi Pabrik

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Komisi VI DPR mengingatkan PT Pupuk Kujang Cikampek menyusun rencana yang matang untuk revitalisasi pabrik. Pasalnya, upaya tersebut krusial untuk meningkatkan pasokan pupuk komersial, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

    Maka dari itu, rencana revitalisasi pabrik juga harus mempertimbangkan berbagai sektor yang terlibat dan dampak yang terjadi demi menekan kasus kelangkaan pupuk.

    “Urusan revitalisasi tentu pasti agenda prioritas. Nah, itu harus juga dibicarakan dengan PT Pupuk (Indonesia) (sebagai BUMN) holding. Mungkin, kita bicarakan saat rapat dengan pupuk holding,” ucap Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Haekal kepada Parlementaria usai mempimpin Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR ke PT Pupuk Kujang Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (17/7/2023).

    Baca juga :  HPN 2025 di Riau, Diharapkan Lebih Libatkan Generasi Muda

    Menjalankan fungsi pengawasan, Politisi Fraksi Gerindra itu turut menekankan jika revitalisasi pabrik berjalan dan produksi pupuk komersial meningkat, maka harus dipastikan penentuan harga pupuk komersial tidak boleh memiliki kesenjangan yang tinggi.

    “Jangan sampai harga yang tinggi membuat masyarakat sulit membeli pupuk,” tegasnya

    Kemudian, terkait dengan distribusi pupuk komersial, dirinya menilai perlu membicarakan skema konsinyasi secara lebih lanjut. Hal ini jadi perhatian agar setiap lini distribusi yang terlibat tidak dibebani oleh biaya yang berat. Di mana, jika dipertimbangkan, para agen tidak terbebani dengan harus membeli produk pupuk komersial untuk disalurkan lalu dijual kepada masyarakat.

    “Distributor jadi mau menyediakan karena mereka tidak dibebani dengan cost yang terlalu berat. (Jika) terjadi kelangkaan atau karena kekurangan tersedianya pupuk subsidi, masyarakat masih mau beli (pupuk komersial),” pungkas Haekal. (*)

    Reporter : Syarifuddin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan