Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaPSSI Bakal Datangkan Collina untuk Gembleng Wasit Indonesia

    PSSI Bakal Datangkan Collina untuk Gembleng Wasit Indonesia

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – PSSI resmi mengirimkan surat permohonan ke FIFA agar mengirimkan mantan wasit Pierluigi Collina untuk menggembleng wasit-wasit di Indonesia. Diharapkan kehadiran salah satu wasit legendaris itu bisa memberikan pelajaran dan motivasi buat wasit-wasit Indonesia.

    “Suratnya sudah dikirim Pak Sekjen (Yunus Nusi). itu agar wasit bisa punya kewibawaan dan kepercayaan diri. Karena mereka juga manusia biasa yang perlu perhatian dan butuh fondasi untuk kehidupan mereka. Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina ya, instruktur dari FIFA untuk datang ke indonesia agar ketemu para wasit juga,” ujar ketua umum PSSI, Erick Thohir.

    Wasit asal Italia itu merupakan Ketua Komite Wasit FIFA. Pierluigi Collina menjadi sosok di balik lamanya injury time laga-laga Piala Dunia 2022 Qatar. Erick Thohir menjelaskan bahwa bukan hanya pemain Indonesia saja yang membutuhkan figur penyemangat dari legenda, tetapi wasit juga.

    Baca juga :  PON XXI Aceh-Sumut Tinggal 4 Bulan, Menko Muhadjir: Persiapannya Berjalan Baik

    Adapun sebelumnya, PSSI memang telah mendatangkan empat legenda dunia sepak bola ke Indonesia. Mereka adalah Juan Sebastian Veron, Roberto Carlos, Marco Materazzi, dan Erick Abidal. Keempatnya menjalankan beragam agenda, termasuk coaching clinic. “Kami juga ada insentif, saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina,” kata Erick Thohir dalam sesi konferensi pers di GBK Arena, Senayan, Kamis (22/6/2023).

    “Instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia agar bertemu para wasit juga. Supaya dia bisa kasih semangat juga, bukan hanya (datangkan) Roberto Carlos, Veron. Wasit pun butuh semangat. Suratnya sudah dikirim Pak Sekjen,” jelas dia.

    Eks pemilik Inter Milan itu menilai bahwa kedatangan Pierluigi Collina dapat berdampak baik untuk perkembangan perwasitan di Indonesia. Selain itu, Erick Thohir, menitipkan pesan kepada para wasit yang terpilih seleksi untuk Liga 1 dan 2 agar berkomitmen untuk menjaga integritas. Sebelumnya, PSSI bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) untuk melakukan seleksi ketat terhadap wasit-wasit yang bakal bekerja di Indonesia.

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    JFA mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Taoshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Referee Manager). Keduanya bertindak sebagai instruktur dan pengawas. “Jadi, saya sudah tanda tangan list-nya. Di sini, jadi wasit Liga 1 yang ikut serta 55, lulus 28. Peringkat 1-18 bertugas di Liga 1, peringkat 19-28 mengisi kuota di Liga 2,” kata Erick Thohir dalam sesi konferensi pers yang dihadiri Kompas.com di GBK Arena pada Kamis (22/6/2023).

    “Wasit Liga 2 yang ikut serta 107, lulus 54, peringkat 1-14 mengisi kuota Liga 2 dan sisanya 55-107 akan berkompetisi di Liga 3 dan juga EPA,” tuturnya. Baca juga: Juara Liga 1 2023-2024 Akan Terima Hadiah Rp 5 Miliar “Ini nanti LIB akan menjalankan EPA secara pasti. Tidak terkejut seperti tahun sebelumnya,” ungkap dia. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan