Sabtu, 18 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKhofifah Tanam 20.000 Mangrove Di Gunung Anyar Surabaya

    Khofifah Tanam 20.000 Mangrove Di Gunung Anyar Surabaya

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung dalam gerakan bersama konvoi motor listrik dan menanam 20.000 mangrove di Ekowisata Mangrove Gunung Anyar bersama PT PLN, DEN dan pegiat Mangrove,  Jumat (9/6) pagi.

    Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka ikut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni lalu dan sekaligus bertepatan dengan Hari Laut Dunia pada 8 Juni. Diawali dengan Gubernur Khofifah dan rombongan pejabat PLN dan juga Dewan Energi Nasional mengendarai motor listrik dari Gedung Negara Grahadi ke Ekowisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya dengan jarak tempuh sekitar 15 km.

    Setibanya di ekowisata mangrove, Gubernur Khofifah bersama rombongan melanjutkan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam 20.000 bibit mangrove dan melepas liar  500 ekor burung. Burung-burung yang dilepaskan antara lain  Burung Perkutut, Merpati dan Burung Peking.

    Baca juga :  Pemkot Kebut Perbaikan Saluran Air di Perkampungan Surabaya

    Ditegaskan Gubernur Khofifah, kegiatan ini bernilai sangat positif sebagai wujud upaya nyata dalam menjaga lingkungan dan melestarikan alam. Menurutnya, ini sebenarnya 2in1. Bagaimana lingkungan hidup terjaga, terpelihara dan bagaimana laut kita memberikan kekuatan biota laut hidup  dan  makin beragam.

    “Kita mengendarai motor listrik dari Grahadi ke Gunung Anyar. Sembari itu kami ingin menyampaikan bersama untuk mensosialisasikan agar masyarakat semakin banyak menggunakan motor listrik. Jadi upaya ini, memang harus kita lakukan dengam bergandengan tangan dan bersinergi,” jelasnya.

    Lebih lanjut Khofifah, menjelaskan bahwa menanam mangrove bukan hanya kegiatan peduli lingkungan. Melainkan bentuk sedekah oksigen. Terlebih bibit mangrove yang ditanam berjenis Rhizophora, yang memiliki lima kali lipat kemampuan untuk menghasilkan oksigen. (*)

    Reporter : Soejono Muhammad

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan